Waspada Aksi Kriminal Jelang Lebaran

PUTRI HIJAU RU – Momen menjelang lebaran kerap diwarnai aksi kriminal. Mulai dari aksi pencopetan dan pencurian yang mengincar korbannya. Mengantisipasi hal ini, Kapolsek Putri Hijau, Iptu Regi Halili, S.Tr.K, meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terutama bagi masyarakat yang bertransaksi di pasar. Kata Kapolsek, saat berpergian ke pasar atau tempat umum lainnya, agar tidak membawa barang berharga seperti uang dan perhiasan berlebihan.

“Bawa uang secukupnya, jangan membawa barang berharga yang dapat memicu aksi kriminal. Terutama aksi pencopetan, biasanya menjelang lebaran, bergentayangan untuk mencari korban,” tegas Kapolsek.

Selain mewaspadai aksi pencopetan, Kapolsek menghimbau masyarakat agar meninggalkan rumah, pastikan rumah sudah terkunci. Selain itu, lanjut Kapolsek, masyarakat yang melakukan transaksi di bank, agar tidak sendiri atau bila diperlukan, bisa meminta pengamanan dari pihak kepolisian.

“Celah aksi kriminal seperti ini, harus diwaspadai. Pada prinsipnya, menjelang lebaran, biasanya aksi kriminal akan meningkat dan harus kita waspadai,” imbaunya.

Di sisi lain, imbaun senada turut disampaikan oleh Kapolsek Ketahun, Iptu Indro Witayuda Prawira, S.Tr, S.IK, MH. Kapolsek juga mengingatkan masyarakat soal pentingnya penerapan protokol kesehatan (Prokes) saat beraktivitas.

“Jika berpergian ke tempat umum, usahakan tidak membawa barang berharga yang dapat memancing aksi kejahatan. Tetap mematuhi Prokes pencegahan Covid-19, Insya Allah, jika upaya aksi kriminalitas dapat diantisipasi dan situasi Kamtibmas akan kondusif,” demikian Kapolsek.(sig)