Warga Positif Covid Meninggal Dunia

MUKOMUKO RU – Covid-19 kembali menunjukkan keganasan dan eksistensinya, setelah bertambah jumlah warga Kabupaten Mukomuko yang meninggal dunia (MD) dan ini dipastikan positif terpapar Covid-19. Terbaru, satu warga Desa Sumber Makmur Kecamatan Lubuk Pinang meninggal dunia.

Pasien yang diberi label pasien 96 oleh Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Mukomuko, dinyatakan positif terpapar Covid-19. Pasien laki-laki berusia 51 tahun ini, sebelum MD, sempat menjalani perawatan medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mukomuko. Ia dirawat sejak 25 November lalu. Dan pada 29 November, yang bersangkutan pulang dari RSUD Mukomuko atas permintaan sendiri.

“Saat dirawat di RSUD Mukomuko, pada 25 November itu, yang bersangkutan langsung diambil sampel swabnya. Yang hasilnya baru keluar dan direalese 30 November,” terang juru bicara Satgas penanggulangan Covid-19 Kabupaten Mukomuko, Bustam Bustomo, SKM.

Pasien tersebut lanjut Bustam, meninggal dunia Selasa (1/12), di RSUD Dr. M. Zein Painan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Dan dihari yang sama, sore Selasa, jenazah pasien nomor 96 langsung dikebumikan di desa tempat domisili pasien. Penguburan jenazah tidak diantar ramai warga. Hanya mobil ambulan dari RSUD Dr. M. Zein, dan beberapa orang dengan menggunakan pakaian alat pelindung diri (APD).

“Sudah dikebumikan langsung kemarin (1/12) sore. Pemakaman dilakukan dengan mengikuti prosedur protokol kesehatan, oleh Satgas Penanggulangan Covid-19 Desa setempat,” katanya.

Ditambahkan Bustam, sebelum terdeteksi positif Covid-19, Pasien 96 ini mengeluhkan sesak, lemas dan nyeri di seluruh badan. Atas kondisi itu, diputuskan Pasien menjalani perawatan medis di RSUD Mukomuko. Yang akhirnya, minta pulang dan berobat ke sejumlah tempat. Sampai akhirnya berobat ke Pessel dan meninggal dunia.

“Pasien ini sudah kemana-mana, selama satu minggu ini, untuk berobat. Sempat di Puskesmas Lubuk Pinang, RSUD Mukomuko, terus ke sejumlah Klinik di Pessel dan terakhir di RSUD Painan,” jelasnya.

Dengan adanya warga yang MD tersebut. Kini total ada enam orang warga Mukomuko yang MD, terdeteksi positif terpapar Covid-19. “Total angka warga yang positif Covid-19, sampai hari ini (kemarin), 96 kasus dan enam orang pasien meninggal dunia,” demikian Bustam. (rel)

__Terbit pada
3 Desember, 2020
__Kategori
Mukomuko