Umat Hindu Berdoa Bumi Segera Membaik

  • Peringati Hari Raya Galungan Ditengah Pandemi

ARGA MAKMUR RU – Selama masa pandemi ini hampir semua masyarakat harus merubah kebiasaan dan mengikuti kebiasaan baru yang lebih bersih dan sehat. Aturan ini juga berlaku bagi umat beragama di Kabupaten Bengkulu Utara (BU) yang akan melaksanakan rangkaian ibadah, seperti yang dilaksanakan oleh umat Hindu yang memperingati hari raya Galungan tahun 2020 ini di tengah pandemi Covid-19.

Meski demikian, ibadah persembahyangan tetap dilaksanakan secara khidmat, walau harus dilaksanakan dalam dua tempat yang berbeda terutama untuk Umat Hindu yang ada di Desa Rama Agung dan sekitarnya.

Ketua Banjar adat Dharma Shanti Rama Agung, Gede Rumania mengatakan, untuk pelaksanaan ibadah persembahyangan dilaksanakan di Pura Dharma Yatra dan di Pura Dalem, dengan jumlah jemaah dan pemangku agama yang juga telah dibagi.

Bahkan sebelum masuk ke area persembahyangan, semua jemaah diwajibkan untuk mencuci tangan dan diukur suhu tubuhnya, guna memastikan mereka semua dalam keadaan sehat.

“Kita memang sengaja membagi dalam dua tempat untuk menghindari penumpukan dan juga guna mematuhi prokes yang telah ditetapkan oleh pemerintah,” jelas Gede Rumania.

Dalam pelaksanaan ibadah persembahyangan ini, semua umat Hindu juga menyampaikan harapan agar bumi segera membaik dan Covid-19 secepatnya menghilang dari bumi, sehingga semuanya bisa kembali beraktifitas seperti biasa lagi.

Bahkan, pihaknya juga terus mengajak semua masyarakat untuk terutama umat Hindu untuk mematuhi prokes dan menerapkan pola hidup bersih dalam kehidupan sehari-hari.

“Selain berdoa dan memohon kepada yang kuasa agar bumi segera sehat, kita juga harus mendukung dengan menerapkan pola hidup bersih dan senantiasa memakai masker saat berada diluar rumah,” tandasnya. (mae)

DALAM peringatan Hari Raya Galungan, umat Hindu di Desa rama Agung mendoakan agar bumi segera membaik dan pandemi Covid-19 segera berlalu.

 

__Terbit pada
17 September, 2020
__Kategori
News