Tingkatkan Partisipasi Pemilu, Perangi Politik Uang

MARGA SAKTI SEBELAT RU – Berbagai upaya dilakukan Panwaslu Kecamatan Marga Sakti Sebelat (MSS) untuk meningkatkan Partisipasi masyarakat pada Pemilu 9 Desember mendatang. Teranyar, Panwaslu menggandeng seluruh elemen mulai dari tokoh masyarakat, tokoh perempuan hingga tokoh pemuda, untuk bersama menyukseskan Pemilu.

Dalam acara yang dikemas pada kegiatan sosialisasi partisipatif tersebut, Panwaslu mengajak masyarakat untuk berpartisipasi menyukseskan Pemilu dengan hadir di TPS untuk menyalurkan hak pilihnya.

Selain itu, Panwaslu MSS mengingatkan masyarakat untuk mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) pencegahan Covid-19 dalam setiap kegiatan atau tahapan Pemilu hingga 9 Desember mendatang. “Kita tidak ingin Golput, seluruh masyarakat yang sudah terdata dan memiliki hak pilih datang ke TPS untuk menyalurkan haknya dengan tetap mematuhi Prokes,” terang Ketua Panwaslu MSS, Dahrul Efendi.

Ditambahkan Dahrul, selain fokus peningkatan partisipasi masyarakat, Panwaslu juga mengedukasi masyarakat agar menghindari dan bersama menyukseskan pesta demokrasi dengan memerangi praktik politik uang. Konkretnya, kata Dahrul, pihaknya telah melaunching desa Desa Karya Pelita sebagai sampel desa anti politik uang. Agenda launching ini diselanggarakan pada hari Kamis lalu.

“Melalui desa anti politik uang ini, kita mengedukasi dan mengajak masyarakat untuk memerangi praktik politik uang. Kita tegaskan bahwa politik uang tidak dibenarkan dan dapat diproses melalui sehingga kita mengajak masyarakat untuk aktif melaporkan dugaan pelanggaran Pemilu berbentuk politik uang kepada petugas. Kita berharap, pemilu berjalan jujur, adil dan aman tanpatindakan yang dapat menciderai nilai demokrasi,” demikian Dahrul.(sig)

__Terbit pada
24 Oktober, 2020
__Kategori
Ketrina