Tim B-Vet Lampung Teliti Sampel Jembrana dan Rabies

PUTRI HIJAU RU – Kasus virus jembrana dan rabies di Kecamatan Putri Hijau mendapat perhatian serius. Tim balai veteriner (B-Vet) Lampung turun gunung.
Informasi yang dihimpun RU, kehadiran tim B-Vet Lampung ke Putri Hijau untuk menindaklanjuti perkembangan virus jembrana yang terjadi di wilayah Puskesmas Putri Hijau, untuk mengetahui upaya pencegahan kasus rabies yang bersumber dari gigitan anjing.

Sehari penuh, tim B-Vet Lampung mendatangi ternak sapi dan anjing peliharaan masyarakat, untuk diambil sampelnya. Selanjutnya, akan dilanjutkan ke penelitian untuk mengetahui persis bahwa kondisi ternak tersebut benar-benar steril dari virus jembrana dan mengetahui anti body yang terbentuk kepada anjing yang sudah menjalani vaksinasi.

“Sampel itu akan diperiksa di laboratorium Lampung, untuk memastikan ternak khususnya sapi masih mengidap virus jembrana atau tidak. Sedangkan untuk sampel dari anjing, untuk mengetahui anti body yang sudah pernah di vaksin. Ini akan menjadi rekomendasi tim B-Vet Lampung untuk menentukan langkah dalam menghadapi serangan virus jembrana dan rabies,” terang Kepala Keswan Putri Hijau, Eri.

Ditambahkan Eri, pengambilan sampel ternak sapi dan anjing difokuskan pada wilayah perbatasan seperti Putri Hijau dan sekitarnya. Ini dilakukan karena ternak di wilayah perbatasan, lebih rentan terserang penyakit.

“Karena ternak di perbatasan, mobilisasinya lebih tinggi dan rentan diserang atau tertular penyakit khususnya virus. Selanjutnya, kita akan menunggu hasil pemeriksaan sampel sehingga dapat menentukan langkah yang harus dilakukan agar ternak steril dari virus jembrana dan virus rabies,” demikian Eri.(sig)

__Terbit pada
19 November, 2020
__Kategori
Ketrina