Sungai Gerong Sukses Salurkan BLT-DD Keempat

TUBEI RU – Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahun anggaran (TA) 2020, kembali disalurkan oleh Pemerintah Desa Sungai Gerong, Kecamatan Amen, Kabupaten Lebong, kepada 55 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), pada Rabu (28/10) lalu.

Pantauan RU, penyaluaran BLT-DD tahap keempat senilai Rp 300 ribu bagi setiap warga penerima ini dipusatkan di balai desa setempat.
Dipimpin langsung, Kepala Desa (Kades) Sungai Gerong, Hesdianto Eko Mareja, SP, M.Ling, bersama Camat Amen, Ahmad Ropik, S.Sos bersama unsur tripika dan Ketua Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPD) setempat.

Eko Mareja begitu Kades Sungai Gerong ini kerap disapa mengatakan, pada penyaluran BLT-DD tahap empat ini, ada penambahan kuota sebanyak 20 KPM. Dimana, sebelumnya BLT tahap pertama hingga ketiga itu, disalurkan kepada 35 KPM.

Sehingga total penyaluran BLT-DD tahap empat ini sebanyak 55 KPM.
“BLT-DD tahap pertama hingga ketiga hanya disaluarkan ke 35 KPM. Untuk penyaluran BLT-DD tahap keempat ini ada penambahan sebanyak 20 KPM,” kata Eko.

Eko menerangkan, hal itu berdasarkan Permendes Nomor 6 tahun 2020 dengan 14 kriteria atau minimal 9 kriteria. Akhirnya, pihaknya mendata kembali dan kuotanya bertambah dari 35 KPM menjadi 55 KPM.

Itu, selain pengaruh regulasi, penambahan 20 KPM itu berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Dimana di dalam itu ada 20 KPM belum tercover di bansos Covid-19. Baik itu bansos bersumber dari APBN maupun APBD.

“Makanya, tahap keempat ini ada penambahan 20 KPM mendapatkan bantuan. Artinya, di tempat kita sudah 100 persen tercover data DTKS,” bebernya.
Eko menambahkan, besaran BLT-DD tahap pertama hingga ketiga ini berbeda dengan BLT-DD tahap keempat hingga keenam.

Sebab, BLT-DD tahap keempat ini hanya diberikan sebesar Rp 300 ribu per penerima. Lain halnya, lanjut Eko, dengan BLT-DD tahap pertama dulu sebesar Rp 600 ribu bagi setiap penerima.

“Kita berharap dengan bantuan ini, bisa sedikit membantu masyarakat di masa pandemi Covid-19 ini,” harapnya.

Sementara itu, Camat Amen, Ropik menyampaikan, penyaluran BLT-DD tahap itu bukan keputusan kades saja melainkan melalui kesepakatan bersama.
“Kita minta kepada penerima BLT DD, agar digunakan untuk kebutuhan yang sangat mendasar atau kebutuhan pokok.

Kemudian, kita juga mengapresiasi, gebrakan Kades Sungai Gerong selama ini dalam membangun desa,” pungkas Camat.

Hadir dalam kegiatan penyaluaran BLT-DD tahap empat itu, jaran BPD, perwakilan Puskesmas, perangkat dan pendamping desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh perempuan, serta tokoh pemuda desa setempat. (oce)

__Terbit pada
30 Oktober, 2020
__Kategori
Rejang Lebong