Suhu Diatas 37,3°C Milih di Bilik Khusus

TUBEI RU – Guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 9 Desember 2020 nanti. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebong, telah menyiapkan bilik khusus bagi pemilih yang suhu tubuhnya diatas 37,3 derajat celsius.

Hal itu diterapkan karena disebkan kondisi Pilkada 2020 ini masih di tengah pandemi Covid-19. Oleh karena itu, proses pemungutan dan penghitungan suara nantinya harus menjalani protokol kesehatan (prokes). Seperti, sebelum memasuki Tempat Pemungutan Suara (TPS), setiap pemilih diwajibkan mencuci tangan, cek suhu tubuh dan mengenakan masker dan diberikan sarung tangan.

Kemudian, ketika pemilih keluar dari bilik suara atau TPS, usai menyalurkan hak suaranya, pemilih juga harus mencuci tangan kembali dan selanjutnya baru akan diarahkan untuk langsung pulang ke rumah masing-masing.

Ketua KPU Kabupaten Lebong, Shalahuddin Al Khidhr, SE mengatakan, proses di TPS nantinya dengan protokol kesehatan, pemilih nanti akan mengikuti arahan petugas agar lebih disiplin mematuhi protokol kesehatan. Khusus pemilih suhu tubuhnya di atas 37,3 derajat celsius, pihaknya telah menyiapkan bilik khusus.

“Jika di cek suhu tubuh terdapat di atas 37,3 derajat celsius maka pemilih akan menyalurkan suaranya di bilik khusus,” kata Khidhr, Senin (23/11).
Dia menerangkan, di tengah pandemi Covid-19 ini, pihaknya akan menyiapkan empat bilik suara di masing masing TPS. Dari empat bilik suara ditempatkan di dalam TPS, satu diantaranya bilik khusus. Satu bilik di dalam TPS khusus pemilih ketika pengukuran suhu di atas 37,3 derajat celsius.

Dia menegaskan, bilik khusus disiapkan guna mengantisipasi penyebaran Covid-19. Maka, pemilih yang suhu tubuhnya di atas 37,3 derajat celsius akan tetap menyalurkan hak suaranya di dalam bilik khusus tersebut.

“Pemilih sebelum mencoblos, tetap mengikuti protokol kesehatan. Itu berlaku bagi seluruh pemilih jika terdapat suhu tubuhnya di atas 37,3 derajat celsius akan memilih di bilik khusus,” tegas Khidhr. (oce)

__Terbit pada
24 November, 2020
__Kategori
Rejang Lebong