Soal Kantor Tutup, Evaluasi Perangkat Diserahkan ke BPD


PADANG JAYA RU – Tutupnya kantor desa saat disidak Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Bengkulu Utara, yang menjadi perhatian beberapa pihak ditanggapi oleh Kepala Desa Talang Tua. Lantaran jadwal piket sudah disepakati bersama perangkat, kini evaluasi atas kinerja perangkat desa ini diserahkan kades pada Badan Permusyawaratan Desa (BPD).


Ketua BPD bersama Kades Talang Tua saat memberikan keterangan terkait kantor desa yang tutup, Selasa (18/5).

Kades Talang Tua, Kecamatan Padang Jaya, Susmo selaku pemangku desa ini kepada radarutara.id mengaku, tidak heran atas kejadian itu. Menurut Susmo, dirinya telah telah membuat jadwal piket kepada perangkat, agar selalu buka kantor serta melakukan aktifitas untuk melayani masyarakat di kantor desa.

“Tidak kaget. Sudah seringkali seperti itu, padahal jadwal piket sudah disepakati bersama,” jelasnya.

Malahan, Sebelumnya Ia membeberkan dalam suatu musyawarah desa telah diprotes warga dikarenakan perangkat jarang ngantor. Namun, setelah kejadian ini pihaknya bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) akan melakukan evaluasi, agar kinerja perangkat desa bisa lebih baik lagi.

“Dalam waktu dekat akan kita musyawarah bersama BPD, sehingga ada evaluasi dan pembinaan,” lanjutnya.

Saat ditanya sanksi, pihaknya menjelaskan tidak akan melakukan sanksi, dirinya menyerahkan sepenuhnya kepada BPD seperti apa bentuk evaluasinya.

“Saya pasrahkan sepenuhnya pada BPD, seperti apa pembinaannya. Mau ditegur, atau mau diberhentikan dan dibuat mekanisme penggantian yang baru, silakan nanti BPD yang menentukan,” tegasnya. (mrg)