Serapan Anggaran Minim, Dewan Minta Percepat Pencairan

TUBEI RU – Minimnya serapan anggaran tahun (TA) 2021 ini menjadi perhatian salah satu anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lebong, Mahdi, S.Sos yang meminta pihak eksekutif untuk mempercepat proses pencarian.

Apalagi, kata dia, Hari Raya Idul Fitri 1442 H tahun 2021 ini kurang dari 9 hari lagi akan dirayakan. Bahkan, masyarakat pun menunggu-nunggu kapan cuti besama atau hari libur akan dimulai. Oleh karena itu, dirinya berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong agar segera mencairkan Ganti Uang (GU), pembayaran langsung (LS) untuk membayar hak-hak pegawai mulai dari gaji 14, gaji Tenaga Harian Lepas Terdaftar (THLT) dan tunjangan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP).

“Untuk itu, saya minta sebelum Idul Fitri ini, anggaran baik itu GU, LS maupun anggaran desa secepatnya dapat dicairkan sebelum lebaran,” pintanya, Selasa (4/5).

Bahkan, menurut mantan Wakil Ketua (Waka) I DPRD Kabupaten Lebong priode 2014-2019 ini, dasar pemerintah masih menunda proses pencairan tak beralasan. Pasalnya, dana tersebut sudah tersedia di dalam APBD Kabupaten Lebong TA 2021 ini.

“Pemerintah harus konsisten, dan harus dibayar itu,” timpalnya.

Sebelumnya, Bupati Lebong, Kopli Ansori telah menegaskan kepada para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk segera mencairkan anggaran sebelum lebaran ini. Bahkan, bupati juga mengecam akan segera mengevaluasi para pimpinan pejabat jika proses pencairan juga masih terhambat.

“Kalau masih seperti ini-inilah masyarakat Lebong akan mati. Kita tidak mau mati ekonomi, mati juga kehidupan masyarakat Kabupaten Lebong,” ucap bupati, usai membuka rapat refocusing anggaran 2021 di gedung Graha Bina Praja Lebong, belum lama ini. (oce)