Seleksi Terbuka Untuk Umum

  • Rekrut Guru PPPK 2021

ARGA MAKMUR RU – Rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) formasi guru 2021, resmi diumumkan pemerintah. Tindaklanjut rapat daring yang dipimpin langsung Wakil Presiden Ma’ruf Amin, turut diikuti Mendikbud, Nadiem Anwar Makarim, Menkeu, Sri Mulyani Indrawati, Mendagri Tito Karnavian, Menpan-RB Tjahjo Kumolo dan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Maria Wibisana itu, menegaskan, tahun depan seleksi PPPK guru akan dilakukan hingga mencapai jumlah satu juta guru se Indonesia. Pemda Bengkulu Utara (BU), juga bakal kembali mengirimkan usulan formasi tambahan.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, bakal kembali membuka layanan e-formasi untuk perbaikan usulan PPPK hingga Desember ini.

Kepala BKP-SDM BU, Drs H Setyo Budi Raharjo, MM, menyampaikan, jika daerah akan kembali melayangkan usulan formasi PPPK itu, dalam waktu dekat. Hanya saja, perlu lebih dulu dilakukan koordinasi dengan satuan kerja terkait, agar mendapatkan data-data rill kebutuhan, sebagaimana ditegaskan pula dalam rapat daring kemarin.

“Dirapatkan dulu dengan satker di Daerah. Baru kemudian, data-data usulan itu kita sampaikan ke Kemenpan-RB, melalui e-formasi,” ujar Budi, kemarin.

Budi menyampaikan, sebelumya Pemda BU juga sudah mengusulkan lebih kurang 200 formasi yang terbagi untuk CPNS dan PPPK. Ini artinya, usulan formasi guru akan menambah lajur usulan daerah, untuk penyelenggaraan seleksi tahun depan.

“Karena, daerah juga belum mendapatkan juklak dan juknis terkait hal ini,” bebernya.

Terpisah, Kepala Dispendik BU, Dr H Agus Haryanto, SE, MM, menerangkan, untuk jumlah guru dan tenaga kependidikan non PNS di bawah Pemda BU, lebih kurang berjumlah 2.500 orang.

Total itu, terbagi GBD yang berjumlah 1.200 orang, honorer guru di sekolah mencapai seribuan serta tenaga kependidikan. “Mungkin nanti teknis pengusulannya, menunggu hasil koordinasi dengan BKP-SDM,” pungkasnya. (bep)

__Terbit pada
24 November, 2020
__Kategori
News