Satgas Desa Diminta Perketat Mobilisasi Warga

NAPAL PUTIH RU – Pengendalian ledakan kasus Covid-19 menjadi perhatian serius bagi tim Satgas Kecamatan Napal Putih. Teranyar, tim Satgas Kecamatan Napal Putih, memberi titik tekan pada seluruh Satgas Desa agar lebih maksimal dalam memantau mobilisasi warganya.
Diungkapkan Kepala Puskesmas Napal Putih, Josen Sibarani, S.KM, dalam Rakor bersama jajaran Satgas Kecamatan dan desa pada hari Selasa (27/4) kemarin. Seluruh pihak sepakat untuk bekerjasama dalam rangka mengendalikan ledakan kasus Covid di gelombang kedua ini.

Poin yang menjadi titik tekan dalam rangka pengendalian kasus Covid-19, Satgas desa diminta untuk kembali memperketat pemantauan kepada seluruh aktivitas keluar masuk warga di desa seperti tahun sebelumnya karena momen Idul Fitri, mobilisasi masyarakat akan lebih tinggi dibanding hari biasanya.

“Memperketat pengawasan terhadap kegiatan masyarakat. Secara tekhnis, tim Satgas Kecamatan akan rutin memonitor Satgas Desa dalam mengawasi aktivitas mobilisasi warganya. Kita harapkan jelang lebaran, masyarakat tidak berpergian atau melakukan Kegiatan yang bisa memicu kerumunan. Dan yang paling penting, desa harus memantau adanya mobilisasi pemudik yang pulang ke desa. Karena kondisi itu sangat rawan memicu terjadinya klaster penularan Covid,” terang Josen.

Di sisi lain, Josen meminta Satgas Desa agar tidak ragu saat melakukan tindakan kepada masyarakat yang melanggar Prokes. Bahkan bila dalam pelaksanaan menemui kendala di lapangan, Satgas Kecamatan siap memback up keperluan desa.

“Satgas desa bisa melapor ke ke Satgas kecamatan untuk dilakukan tindakan tegas. Karena dalam pengendalian kasus kali ini, kita semua dituntut untuk tegas dan serius,” demikian Josen.(sig)