Puluhan Tahun Tak Dibangun, Jembatan Darurat Difungsikan

GIRI MULYA RU – Infrastruktur jembatan akses menuju Dusun 3, Desa Suka Makmur, Kecamatan Giri Mulya, kembali terputus. Tak ingin terisolasi cukup lama, warga pun gotong-royong membangun jembatan darurat. Hanya saja jembatan yang sementara ini dapat difungsikan, dikhawatirkan tak bertahan lama. Lantaran material jembatan hanya menggunakan bahan seadanya.

Tokoh masyarakat setempat, Suwistriyono mengungkapkan, setidaknya sudah 6 kali warga memperbaiki jembatan itu secara swadaya. Pasalnya, sudah puluhan tahun lamanya, akses untuk keluar masuk desa itu tak tersentuh pembangunan pemerintah.

“Sudah 24 tahun tak pernah dibangun. Soal usulan, kami rasa sudah menumpuk. Ya ketimbang lama terisolasi, setiap putus, kami gotong-royong perbaiki seadanya. Meski memang bahan material hanya menggunakan lembaran kayu,” cetusnya.
Ia mengaku, yang dikhawatirkan saat musim hujan. Tak menutup kemungkinan akan kembali ambruk akibat abrasi di sisi jembatan.

“Yang dikhawatirkan, ada warga yang perlu mendapatkan penanganan. Seperti warga yang ingin melahirkan. Sedangkan jembatan itu, merupakan akses satu-satunya untuk keluar desa,” ujarnya.
Kepala Desa (Kades) Suka Makmur, Karnu tak menyangkal kondisi jembatan tersebut perlu segera ditangani. Pemerintah desa pun sudah berulang kali melayangkan usulan ke OPD terkait di daerah, namun belum mendapatkan respon yang diharapkan.

“Ya kami hanya berharap sesegera mungkin dibangun permanen. Karena kalau dialokasikan melalui dana desa, sangatlah tidak memungkinkan,” pungkasnya. (jho)

__Terbit pada
4 Juli, 2020
__Kategori
Agropolitan