PU Kebut Rehap Jembatan Rusak

MUKOMUKO RU – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mukomuko, terus melakukan rehap jembatan kabupaten yang mengalami kerusakan. Hingga sekarang, masih ada sejumlah jembatan penghubung antar desa masih dalam proses rehabilitasi.

“Ada beberapa jembatan yang kita rehap. Kebanyakan hanya mengganti lantai papan jembatan saja. Sedangkan untuk jembatan yang sebelumnya kondisinya rusak parah, sudah selesai kita rehap.

Seperti jembatan penghubung Desa Lubuk Sanai – Rawa Bangun, jembatan yang menghubungkan Desa Lubuk Sahung – Selagan Raya, dan yang lainnya,” kata Kepala Dinas PUPR Kabupaten Mukomkuko, Ruri Irwandi, ST, MT, melalui Kabid Bina Marga, Budiarto, ST, kemarin.

Upaya peningkatan jembatan dari lantai papan ke beton, sekarang belum dapat dilakukan lantaran membutuhkan anggaran yang cukup besar. Sedangkan anggaran yang ada sekarang ini hanya sebatas pemeliharaan saja.

“Anggaran pemeliharaan hanya puluhan juta, itu dipakai untuksetahun. Kalau cukup banyak anggaran pemeliharaan yang disediakan pemerintah, bisa saja kita tingkatkan dari lantai kayu ke beton,” jelasnya.

Meski demikian, Budi mengaku, telah mengajukan anggaran peningkatan bangunan sejumlah jembatan di Kabupaten Mukomuko. “Ada sejumlah jembatan kita ajukan peningkatan.

Tapi kami juga tidak tahu, apakah usulan anggaran yang kami ajukan di APBD tahun 2021 diakomodir atau tidak. Kalau tidak diakomodir, paling yang bisa kami lakukan hanya sebatas pemeliharaan saja,” pungkasnya. (rel)

__Terbit pada
30 Oktober, 2020
__Kategori
Mukomuko