Proyek Kemendes Tak Difungsikan

PADANG JAYA RU – Dua agenda proyek naungan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes-PDTT) di Desa Marga Sakti, tak kunjung berjalan. Proyek dengan anggaran mencapai miliran rupiah di Tahun 2019 yang tak difungsikan itu, berupa pabrik pengelolaan sawit dan embung.

Sekretaris desa (Sekdes) Marga Sakti, Endro Pradopo dibincangi RU tak menyangkal kondisi dua paket proyek APBN itu saat ini mangkrak. Ia menjelaskan untuk embung, belum dapat dikelola sesuai perencanaan akibat terbentur status penanggungjawab. Sedangkan pabrik pengelolaan sawit terhambat fasilitas utama berupa alat pengelolaan dan genset.
“Ya begitulah kondisinya. Proyek Kementerian desa itu belum dapat difungsikan sama sekali,” akunya.

Ia menilai, terlambatnya produksi item proyek APBN itu dilatarbelakangi dampak pandemi covid-19. Pihaknya, sambung dia memaklumi kondisi ini.
“Meski harapan kami dapat difungsikan tahun ini,” jelasnya.

Ia menambahkan, desa telah menyatakan siap mendukung secara optimal demi produktifitas dua fisik kegiatan itu. Dimana, lanjut dia, untuk embung direncanakan untuk dikelola menjadi wisata. Sedangkan pabrik olahan sawit, sudah dipastikan untuk mendongkrak nilai jual hasil bumi khususnya warga lokal.

“Sudah disepakati akan didukung melalui dana desa. Namun memang kendalanya status kepemilikan dan fasilitas produksinya. Ya semoga saja tahun ini kedua item fisik program kementerian itu dapat dikelola, sesuai perencanaan awal,” pungkasnya. (jho)

__Terbit pada
30 Juli, 2020
__Kategori
Agropolitan