Personel Kodim BU Ditarik ke Papua

ARGA MAKMUR RU – Ibu Pertiwi memanggil untuk bertugas. Satu anggota Kodim 0423 Bengkulu Utara (BU) Serda Heri Kurniawan ditarik untuk melaksanakan tugas di wilayah Indonesia Timur, Papua.

Serda Heri merupakan satu-satunya TNI yang ditugaskan menuju Papua dari Kodim 0423 BU. Dia akan tergabung dengan ratusan pasukan di bawah Kodam 2 Sriwijaya.

Serda Heri yang sebelumnya memiliki jabatan Baurtu Pok uuddim 0423/BU Rem 041/Gamas DAM II/Swj itu, akan melaksanakan tugasnya di Papua dengan waktu penugasan satu tahun di bawah komando Kodam XVII Cendrawasih.

Di sana, dia akan melaksanakan tugas sebagai Jabatan Babinsa Ramil Persiapan Memberamo Tengah Korem 172/PWY DAM XVII/CENDRAWASIH.

Dandim 0423 BU, Letkol Inf Agung Pramudyo Saksono,S.Sos, M.Si, saat dihubungi Radar Utara menyampaikan, Serda Heri akan tergabung dalam pengiriman pasukan penebalan yang akan ditugaskan di salah satu wilayah di Papua.

Sebagai Satuan Tugas (Satgas) Teritorial, nantinya prajurit TNI akan melaksanakan fungsi-fungsi TNI di kawasan khusus yang secara tugas memiliki perbedaan dengan pasukan tempur, namun tetap melaksanakan peranan represif manakala terjadi situasi di luar prediksi.

“Hanya saja, secara fungsi, Satgas ini lebih sebagai pasukan penebalan, selain ada juga pasukan tempur. Tugas intinya, pengamanan teritorial,” kata Dandim, usai Upacara Pelepasan Serda Heri Kurniawan di Aula Antasena, Makodim BU, kemarin.

Lebih jauh, Dandim Agung menyampaikan, sebagai pasukan penebalan, Satgas Teritorial ini juga memiliki tanggungjawab tugas dalam melaksanakan pemulihan keamanan di wilayah operasi.

Dengan ragam potensi konflik, ditambah lagi dengan adanya baku tembak yang terjadi di wilayah Nduga, Papua, TNI akan terus melakukan upaya-upaya cipkon untuk kawasan ujung Indonesia itu.

“Untuk tugasnya dimana? itu masih tentatif. Karena daerah operasinya akan menjadi kewenangan Kodam Cendrawasih,” pungkasnya. (bep)

__Terbit pada
14 Januari, 2020
__Kategori
News