Perkuat Kebutuhan Logistik Saat Bencana

PADANG JAYA RU – Pondasi penanganan darurat bencana, berupa kebutuhan logistik menjadi prioritas daerah. Demikian ditegaskan Bupati BU, Ir Mian saat menyerahkan bantuan berupa alat transportasi dapur umum kepada relawan Tagana di Kecamatan Padang Jaya, Rabu (16/9) kemarin.

“Daerah kita memang termasuk zona rawan bencana. Pencegahan dan penanggulangan bencana secara cepat dan tepat wajib dilakukan. Salah satu yang penting tetapi sering diabaikan adalah perihal sistem pengelolaan dan pelaporan logistik bencana.

Sehingga segala sesuatu yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan dasar hidup manusia, pangan, sandang, papan dan turunannya. Olehnya, perlu pembagunan sistem pengelolaan logistik dengan tepat,” kata Bupati Mian, kemarin.

Terpisah, Ketua relawan Tagana Kecamatan Padang Jaya, Gunadi Sofyan mengapresiasi optimalisasi daerah dalam upaya penanganan saat terjadi bencana.

Ia menjelaskan, mengacu kepada Standar Pelayanan Operasional (SOP) maka kebutuhan logistik yang diperlukan bisa sesuai dengan kebutuhan di lapangan dan tepat sasaran serta terhindar dari kemungkinan masalah hukum.

Olehnya, perencanaan, pengelolaan dan penggunaan logistik harus benar-benar tercatat dengan sebaik mungkin, khususnya dalam hal keluar masuk barang atau pergesaran mutasi barang harus disertai dengan berita acara.

“Dengan adanya bantuan dapur umum ini, penyaluran bantuan untuk korban bencana dapat dilakukan secara cepat dan tepat,” pungkasnya. (jho)

__Terbit pada
17 September, 2020
__Kategori
Agropolitan