Perayaan Galungan, Umat Hindu Patuhi Protokol Kesehatan

ARGA MAKMUR RU – Selamat Hari Raya Galungan bagi umat Hindu! Hari Suci Galungan 2020 dirayakan pada Rabu, 16 September hingga Sabtu, 26 September. Hari Galungan diikuti dengan Hari Raya Kuningan. Umat Hindu merayakan Galungan setiap 6 bulan kalender Bali atau 210 hari yaitu pada hari Budha Kliwo Dungulan atau Rabu Kliwon wuku Dungulan.

Hari Galungan adalah momen untuk memperingati terciptanya alam semesta. Hari ini juga merupakan hari kemenangan Dharma (kebenaran) melawan Adharma (kejahatan). Sebagai ucapan syukur, umat Hindu melakukan menggelar kegiatan ini.
Galungan berasal dari bahasa Jawa kuno yang berarti bertarung.

Hari ini juga disebut dengan dungulan yang berarti menang. Dikutip dari situs pemerintah Kabupaten Buleleng, hari Galungan sudah diperingati sejak ratusan tahun lalu. Bukti tertua mendapati Galungan sudah dirayakan sejak tahun 882 Masehi.

Secara filosofis, Hari Galungan bertujuan agar umat Hindu dapat membedakan dorongan hidup antara kebenaran dan kejahatan di dalam diri manusia. Kebahagiaan hanya bisa diraih jika mampu mencapai kebenaran.

Diharapkan pada hari Galungan ini, pikiran dapat menjadi suci dan bersih serta semua pengaruh negatif dapat hilang. Bersambung…… (Baca selengkapnya di Koran Harian Radar Utara edisi Kamis, 17 September 2020)

__Terbit pada
17 September, 2020
__Kategori
News