Penerima BLT Berkurang 40 Keluarga

MUKOMUKO RU – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Mukomuko mencatat, 9.165 keluarga penerima manfaat Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahap kedua berkurang sebanyak 40 keluarga. Sebelumnya, jumlah penerima sebanyak 9.205 keluarga menjadi 9.165 keluarga.

“Benar, penerima BLT dana desa tahap dua berkurang sebanyak 40 keluarga karena ada beberapa keluarga diantaranya yang mengundurkan diri. Mereka tergolong ekonomi mampu,” ungkap Kepala DPMD Mukomuko, Gianto, SH, M.Si, kemarin.

Sebanyak 40 keluarga yang tidak menerima BLT dana desa tahap kedua ini, paling banyak karena data penerima double dengan keluarga yang sudah menerima bantuan sosial tunai (BST). Sehingga, setiap penerima bantuan ini diberikan pilihan untuk memilih salah satu program BLT dana desa atau BST.

“Semua penerima bantuan sosial yang double tersebut lebih memilih memiliki menerima BST karena bantuan tersebut dari pemerintah pusat dan pembagiannya melalui Kantor Pos,” ujarnya.

Terkait dengan pembagian BLT dana desa tahap kedua, untuk masyarakat tergolong ekonomi miskin yang terdampak Covid-19, ditargetkan selesai dalam bulan Juni 2020 ini. Ia menejelaskan, hampir mayoritas desa dari sebanyak 148 desa telah membagikan BLT dana desa tahap kedua baik secara tunai maupun non tunai kepada masyarakatnya.

“Untuk selanjutnya, desa yang telah menerima penyaluran dana untuk BLT, diminta segera membagikan dana tersebut kepada keluarga miskin yang terdampak Covid-19. Soal perubahan PMK Nomor 50 Tahun 2020, BLT dana desa ditambah dari tiga bulan menjadi enam bulan, tetapi dana BLT bulan keempat hingga keenam masing-masing sebesar Rp300 ribu per bulan,” pungkasnya. (rel)

__Terbit pada
30 Juni, 2020
__Kategori
Mukomuko