Pendidikan Lalu Lintas Masuk Mapel PPKn

ARGA MAKMUR RU – Dalam rangka menekan angka kecelakaan lalu lintas yang melibatkan anak di usia produktif. Polres Bengkulu Utara bersama Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Bengkulu Utara mulai mengintegrasikan materi tertib berlalu lintas ke dalam mata pelajaran (mapel) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).

Integrasi pelajaran lalu lintas dengan PPKn itu secara resmi dituangkan dalam nota kesepahaman Memorandum of Understanding (MoU) antara Polres Bengkulu Utara dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkulu Utara yang berlangsung di Aula SD Model, Kota Arga Makmur, pada Rabu (15/10/2020).

Salah satu isi MoU tersebut, pelajaran lalu lintas ini akan diikuti siswa dari semua tingkatan. Mulai dari kelas SD, SMP, hingga SMA. Kapolres Bengkulu Utara, AKBP. Anton Setyo Hartanto, S.IK, MH melalui Kasat Lantas, IPTU. Yeni Puspita, SH menjelaskan, integrasi pelajaran lalu lintas dengan PPKn ini sebagai salah satu upaya melatih para siswa disiplin dalam berlalu lintas.

Sebab menurutnya, selama ini masih cukup banyak siswa yang belum paham mengenai tata tertib lalu lintas. “Akibat dari ketidakpahaman itu, banyak siswa yang tidak mengindahkan peraturan lalu lintas ketika berkendara,” ujarnya.

Materi tertib lalu lintas ini, rencananya akan mulai diberikan kepada para siswa secara serentak di seluruh Indoenesia, mulai tahun ajaran baru pada tahun ajaran 2021/2022 nanti.

“Adapun siswa yang akan mendapatkan Mapel Lalu Lintas ini, mulai dari SD kelas 1, SMP hingga SMA/SMK kelas XII,” tandasnya. Selain pihak kepolisian, hadir dalam MoU tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Dr. H. Agus Haryanto, SE., MM, Kepala sekolah SD, SMP se-Kabupaten Bengkulu Utara bersama guru bidang studi PPKn. (sfa)

 

__Terbit pada
16 Oktober, 2020
__Kategori
News