Pendaftaran Vaksin Diakomodir Setiap Instansi

PUTRI HIJAU RU – Kepala Puskesmas Perawatan Sebelat, Edi Anshori, S.KM melalui petugas Vaksinator, Budi Utomo mengatakan, tekhnis pendaftaran bagi pelayanan publik yang ingin mendapatkan vaksin Covid-19 bisa diakses melalui peran masing-masing instansi terkait. Kendati demikian, Budi memastikan, Puskesmas tetap turun ke setiap sasaran pelayan publik yang akan menjadi calon penerima vaksin untuk melaksanakan pendataan.

Hanya saja lanjut Budi, pendaftaran yang dilakukan oleh pihak Puskesmas tidak spesifik kepada proses pendaftaran.

“Pelayan publik seperti pegawai kecamatan, desa dan lainnya yang ingin menerima vaksin bisa mendaftar sendiri lewat peran setiap instansi tempat mereka bekerja. Secara tekhnis, mereka akan diberi link yang dikhususkan untuk pendaftaran diri dengan mengisi biodata yang diminta pada link pendaftaran tersebut. Setelah mendaftar dan mendapat notifikasi berupa SMS. Mereka bisa datang ke Faskes terdekat seperti Puskesmas untuk menerima vaksin,” jelas Budi.

Disinggung terkait jadwal pemberian vaksin kepada pelayan publik, ini mulai dilaksanakan. Menurut Budi, tahapan tersebut masih menunggu instruksi dari dinas terkait.

“Rencanannya pada bulan Maret sampai April, nanti. Vaksin sudah bisa diberikan ke pelayan publik. Tapi lebih pastinya kita masih menunggu instruksi dari dinas. Sementara, ini kita baru selesai melaksanakan pemberian vaksin tahap II kepada Nakes dan akan melanjutkan ke proses pendataan terhadap jumlah calon penerima vaksin dari pelayan publik untuk menentukan dosis vaksin yang kita butuhkan,” demikian Budi.(sig)