Pendaftar CPNS di Bengkulu Utara Menurun

ARGA MAKMUR RU – Animo masyarakat untuk mendaftar sebagai Aparatur Sipil Negara dalam gelaran seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2021 di Kabupaten Bengkulu Utara mengalami penurunan signifikan, dibandingkan tahun 2019 lalu.

Mengacu pada data tahun 2019, di hari kesembilan pendaftaran CPNS, jumlah pendaftar sudah mencapai 1.953 orang dari 45 formasi yang dibuka. Sementara, di tahun 2021 ini, pada hari kesembilan pendaftaran dibuka. Tepatnya pada Kamis (8/7/2021) Pukul 10.00 WIB, jumlah pendaftarnya baru mencapai 112 orang dengan total akun terbentuk 476, dari 57 formasi CPNS yang dibuka.

Kemudian, untuk pendaftaran pada formasi PPPK Non Guru yang juga dibuka pada tahun 2021, jumlah akun terbentuk sebanyak 28 dan pendaftaran final beru 7 orang dari total 18 formasi. Selanjutnya, untuk formasi PPPK Guru, jumlah akun terbentuk 475 dan pendaftaran finalnya 343 orang dari total 564 formasi yang ada.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bengkulu Utara, Setyo Budi Raharjo, melalui Kasubid Data dan Informasi, M Taufiq Nur Hidayat mengatakan, data CPNS tersebut kemungkinan akan mengalami penambahan. Pasalnya, waktu pendaftaran masih relatif lama, yakni hingga tanggal 21 Juli 2021 mendatang.

“Artinya masih ada 13 hari lagi waktu pendaftaran yang tersisa. Masih sangat mungkin jumlah pendaftar CPNS bertambah lagi,” ujarnya.

Secara detail pihaknya mengaku tidak mengetahui pasti penyebab penurunan partisipasi masyarakat untuk menjadi CPNS di Bengkulu Utara ini. Bahkan, menurutnya kondisi yang ada, berbanding terbalik dari prediksi sebelumnya.

“Kami prediksi bakal membludak pendaftaran CPNS tahun ini. Sebab, di 3 kabupaten tetangga kita. Seperti Lebong, Rejang Lebong dan Mukomuko tidak ada pembukaan CPNS. Secara otomatis, kami memprediksi pendaftar CPNS di Bengkulu Utara bakal bertambah. Ternyata tidak,” tandasnya. (sfa)