Pemkab Lebong Distribusikan 1.942 Paket Bansos APBD

TUBEI RU – Upaya Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pemkab Lebong melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMDSos) kembali mendistribusikan bantuan sosial (bansos) berupa sembako 1.942 kepada keluarga penerima manfaat (KPM) di dua kecamatan.

Diketahui sebelumnya Pemda Lebong bersama jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lebong telah dilakukan penyaluran bansos berupa bahan pangan sembako yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran (TA) 2020 Kabupaten Lebong.

Pantauan Radar Utara, Senin (29/6) kemarin, Pemda Lebong kembali menyalurkan sebayak 1.942 bansos bahan pangan sembako untuk dua kecamatan KPM dampak pandemi virus Corana. Prosesi penyaluran difasilitasi melalui Dinas PMDSos Lebong. Penyaluran bansos sembako APBD tahap kedua ini, dipusatkan di Kantor Kecamatan Amen dan di Kantor Kecamatan Uram Jaya.

Camat Amen, A Ropik, S.Sos mengucapkan terima kasih pada Pemda Lebong dan seluruh stakeholder. Penyaluran bantuan sembako ini memang sudah lama dinanti dan sangat dibutuhkan serta membantu masyarakatnya.

“Terima kasih pada pemerintah daerah Lebong dan seluruh stakeholder,” kata Camat.

Ia juga tekankan pada kades dan perangkat desa, bantuan sembako ini jangan sampai tidak sampai kepada warga keluarga penerima manfaat masing-masing sesuai dengan data.

“Kecamatan Amen ini, data penerima sembako APBD berjumlah 1.166 KPM di luar bansos yang lainnya. Saya harap seluruh bantuan tersalur pada penerima sesuai data,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PMDSos Lebong, Reko begitu sapaan akrabnya, waktu dikonfirmasi mengatakan, bansos ini sebagai kepedulian pemerintah, pusat, provinsi dan daerah. Maka, hari ini (kemarin, red) Pemda Lebong kembali menyalurkan bansos APBD sembako dengan total data 1.942 untuk KPM kelurahan/desa dampak pandemi Covid-19 di dua kecamatan di Kabupaten Lebong.

“InsyaAllah benar-benar tersampaikan sesuai dengan apa yang menjadi amanah bersama,” ungkapnya.

Lanjutnya, data penerima tersebut sudah melalui tahapan-tahapan verifikasi dan validasi data yang pihaknya laksanakan di beberapa waktu yang lalu bersama seluruh para camat, kades dan lurah.

“Data yang kami terima tersebut sudah melalui tahapan verifikasi dan validasi data bersama yang dilaksanakan di Aula PMDSos beberapa waktu yang lalu, sesuai dengan usulan kades dan lurah,” terangnya.

Tambahnya, dari total angka penerima bansos dari pemerintah tersebut. Itu terbagi untuk KPM di dua kecamatan. Yakni, sesuai agenda yang telah dijadwalkan, penyaluran pertama hari ini (kemarin, red) dimulai dari kantor Kecamatan Amen, sebanyak 1.166 KPM. Selanjutnya, Kecamatan Uram Jaya, sebanyak 776 KPM. Jadi, bansos APBD pemerintah daerah Lebong yang disalurkan pada tahap kedua ini, berjumlah 1.942 keluarga penerima manfaat. (**)

__Terbit pada
30 Juni, 2020
__Kategori
Rejang Lebong