Pemkab BU Terbitkan Surat Edaran

Menyoal Pemulasaran dan Pemakaman Jenazah Covid-19

ARGA MAKMUR RU – Pemkab Bengkulu Utara (BU) pertanggal 23 Oktober 2020 telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) nomor 443.2/4057/Bappeda terkait petunjuk pelaksanaan pemulasaran dan pemakaman jenazah terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten BU.

Dikatakan Pjs Bupati BU, Iskandar ZO, SH, M.Si dalam SE ini terdapat 2 point penting yakni terkait tata cara pemulasaran jenazah dan tata cara pemakaman jenazah, yang dibuat dengan pedoman keputusan Kemenkes Nomor HK.01.07/Menkes/413/2020.

“Disini semua akan diatur sesuai dengan peraturan yang telah berlaku dan diharapkan tidak ada lagi kejadian-kejadian yang tidak diingingkan,” ungkapnya.
Ditambahkan Pjs Bupati, SE ini dikeluarkan sebagai upaya untuk mencegah dan meminimalisir penyebaran kasus Covid-19 di Kabupaten BU, serta untuk menghindari penolakan terkait pemulasaran dan pemakaman jenazah Covid-19 yang sesuai Prokes.

“Semua point-point dalam SE ini telah kita bahas dalam rapat beberapa waktu lalu dan harapannya jika ada pasien Covid-19 yang meninggal dunia, yang bersangkutan bisa ditangani dengan baik,” tambahnya.

Namun, dalam salah satu point SE ini terkait lahan pemakaman sendiri secara penuh akan dikembalikan kepada pihak keluarga termasuk proses penggalian makam dan proses pemakaman, jika pasien memiliki keluarga. Namun jika pasien dalam kondisi terlantar, maka secara penuh akan ditangani oleh pihak Satgas Covid-19 terkait dan lokasi pemakaman sendiri bisa menggunakan lahan pemakaman umum maupun lahan pemakaman keluarga.

“Untuk lokasi pemakaman kita kembalikan kepada masyarakat, namun yang jelas semua proses harus sesuai dengan SOP dan sebisa mungkin untuk tidak melanggar, karena ini demi kesehatan dan keselamatan kita bersama,” tandas Iskandar. (mae)

__Terbit pada
24 Oktober, 2020
__Kategori
News