Pemdes Kalbang Mulai Tarik Investor

LAIS RU – Pascamuncul ke publik, setidaknya sudah ada investor yang ingin menjalin kerjasama dalam pengelolaan potensi alam dijadikan destinasi wisata anyar di Desa Kalbang, Kecamatan Lais. Hal ini dibenarkan oleh Kepala Desa (Kades) Kalbang, Syahmembi Kurniawan saat dibincangi Radar Utara, soal kedatangan investor tersebut.

Diakui Syahmembi, hasil komunikasi kepada pihak investor yang diketahui berasal dari Kota Bengkulu, mereka siap mengakomodir kebutuhan pengunjung untuk menikmati wisata air kedepannya. Salah satunya, penyediaan boat untuk sarana wisata arung jeram yang telah direncanakan.

“Alhamdulillah dukungan demi dukungan terus mengalir, dalam menjalankam program pengembangan kawasan wisata di desa ini. Terakhir ada kerjasama investor,” aku Syahmembi, kemarin.

Dikatakan Syahmembi, selain akan ada kerjasama dengan investor. Target menjadikan desa wisata dengan objek Sumber Daya Alam (SDM) yang mempuni, juga dibarengi dengan penyertaan modal. Dimana melalui anggaran yang ada di desa, pihaknya telah mempersiapkan kucuran dana untuk membuka jalur agar keberadaan objek wisata Sungai itu dapat dikenal publik.

“Tahap awal, sudah dibangun jalan yang didanai melalui Dana Desa tahun lalu. Untuk tahap selanjutnya, kita sudah mempersiapkan dana senilai Rp 10 juta. Modal awal itulah akan kita gunakan untuk mengembangkan potensi wisata di desa ini,” katanya.

Selain itu, pria yang juga diamanahkan sebagai Ketua Forum Komunikasi Kepala Desa (FKKD) Kecamatan Lais, pihaknya dalam waktu dekat akan mengumpulkam seluruh perangkat, BPD serta lapisan masyarakat untuk membahas kelanjutan program kawasan desa wisata sebagai program inti tersebut.

“Masih kita jadwalkan, tetapi pertemuan itu akan kita gelar dalam waktu dekat ini. Yang pasti selain bakal ada kerjasama investor, melalui pertemuan itu nantinya akan muncul ide-ide positif untuk menggarap potensi SDM dan SDA di desa ini. Terutama sebagai batu loncatan untuk mendongkrak taraf ekonomi masyarakat Desa Taba Baru ini,” demikian Syahmembi. (jho)