Pembangunan Destinasi Wisata Taman Air Jadi Tumpuan

KEPAHIANG RU – Pariwisata merupakan sektor paling tepat untuk dapat dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang. Pasalnya, Kabupaten Kepahiang merupakan daerah dengan sumber daya alam melimpah yang bisa dieksploitasi secara besar-besaran untuk menambah PAD serta meningkatkan perekonomian masyarakat.

Sektor pariwisata sangat menjanjikan untuk dikembangkan, hingga menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan nilai tinggi. Serta dapat membuka jalur baru pemasukan masyarakat, agar tidak hanya bergantung pada sektor pertanian semata.
Pengembangan pariwisata sudah mulai digarap Pemkab Kepahiang sejak 4 tahun terakhir, seperti pelebaran badan jalan menuju kawasan wisata terpadu Kebun Teh Kabawetan. Pembanginan rest area, kamar kecil hingga aula dan penginapan (Guest House) Sidorejo.

Pembangunan itu kembali dilanjutkan ditahun 2021, dengan membangun water park alias taman air. Water park nanti akan jadi destinasi wisata di Kabupaten Kepahiang, karena para wisatawan bisa meningkati berbagai sarana atau wahana permainan air yang sangat memanjakan mata.

“Kalau secara keseluruhan destinasi disebur water park. Namun untuk pembangunannya kita lakasanakan bertahap, ditahap awal dibangun dahlu water boom,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kepahiang, Teddy Adeba, ST, Rabu (2/12) kemarin.

Teddy melanjutkan, ada berbagai wahana permainan air yang akan dibangun dengan berbagai konsep seperti wahana wisata keluarga, traveling hingga kolam pemandian dengan kapasitas besar. “Sekarang masih tahap penyusunan untuk detail pembangunan water boom,” ujarnya.

Teddy juga menjelaskan, jika akan banyak wahana permainan air dikawasan water park nantinya, sebagiamana konsep-konsep taman air yang ada di negara-negara maju. Selain taman air, kawasan wisata terpadu Kabawetan juga akan dilengkapi dengan wahana taman peternakan serta arena wisata religi. (bin)

__Terbit pada
3 Desember, 2020
__Kategori
Kepahiang