Optimalisasi PAD, BKD Lebong Lakukan Uji Petik

TUBEI RU – Bidang Pendapatan Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Lebong, saat ini tengah berupaya mengoptimalkan peningkatan sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) di tahun 2021. Ini dilakukan dengan uji petik optimalisasi.
Adapun uji petik yang akan dilakukan diantaranya, pengusulan revisi peraturan daerah (perda) di 4 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dengan tarif parkir, tarif retribusi kesehatan, tarif retribusi pelayanan pasar dan tarif retribusi kebersihan ke DPRD Kabupaten Lebong.

Hal ini seperti yang disampaikan, Plt Kepala BKD Lebong, Erik Rosadi, S.S.Tp, M.Si melalui Kabid Pendapatan, Rudi Hartono, SE, M.Ak kepada Radar Utara online. Kata dia, pada dasarnya upaya yang akan dilakukan pihaknya untuk meningkatkan presentasi terhadap sumber PAD.

“Untuk itu, kedepan kita mengharapkan ada semacam peningkatan PAD. Misalnya dari sisi uji petik optimalisasi sumber PAD,” ujar Rudi.

Selain itu, pihaknya juga akan memaksimalkan objek-objek yang tidak memiliki izin di daerah ini. Maka, lanjutnya, OPD diharapkan juga harus bersinergi terhadap mengoptimalisasikan pengelolaan PAD ke BKD.

“Intinya, OPD pengelola PAD harus bersinergi agar singkroniasi dan koordinasi berjalan untuk optimalisasi peningkatan PAD,” bebernya.

Lebih jauh, dia mengaku, pelayanan dalam mengoptimalisasi untuk peningkatan PAD pihaknya BKD sudah berjalan. Hanya saja, untuk menunjang peningkatan PAD harus ada singkroniasi dengan OPD-OPD lainnya. Terlebih lagi, Pemkab Lebong dan 4 OPD telah mengusulkan revisi perda di antaranya, tarif parkir di Dinas PUPR-Hub, tarif retribusi kesehatan di Dinas Kesehatan, tarif retribusi pelayanan pasar Disperindagkop-UKM dan tarif retribusi kebersihan di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) ke DPRD Kabupaten Lebong.

“Yang jelas sumber PAD ini penyumbangnya dari OPD-OPD. Kedepan dengan adanya dorongan dari pimpinan (bupati, red), kita akan melakukan penekanan kepada para OPD penghasil sumber PAD. Secara strategi kita akan menggerakkan tim yustisi, melakukan uji petik dan menggiring penyesuaian regulasi usulan ke DPRD,” tandasnya. (oce)