Mesin Perontok Jagung Belum Dibagikan

MUKOMUKO RU – Meski sudah lewat tahun anggaran, hingga kemarin, Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Mukomuko, belum membagikan 1 unit mesin perontok jagung atau corn combain kepada kelompok tani.

Diungkapkan Kepala Dispertan Kabupaten Mukomuko, Heri Prastyono, S.STP melalui Kabid Pertanian dan Hortikultura, Wahyu Hidayat, S.Hut, belum dibagikannya mesin perontok jagung itu lantaran belum satupun kelompok yang mengajukan proposal.

“Kelompoknya belum ada. Kalau ada, pasti sudah kita bagikan bantuan dari pemerintah pusat itu,” jelasnya.

Sebanyak 1 unit mesin perontok jagung tersebut, masih berada di halaman kantor Dispertan Kabupaten Mukomuko.

Wahyu berjanji, jika tahun ini ada kelompok yang mengajukan, mesin itu akan diberikan. Hanya saja, kelompok yang bisa mendapatkan bantuan, jika memiliki tanaman jagung.

“Syaratnya memiliki tanaman jagung. Kalau tidak ada, tentu tidak kita berikan. Untuk memastikan, nanti kita akan cek ke lapangan sebelum mesin itu kita berikan,” katanya.

Wahyu mengimbau, petani yang membutuhkan mesin perontok jagung, diminta untuk segera mengajukan proposal ke dinas.

“Silahkan ajukan proposalnya. Sepanjang tidak ada proposal, tentu dinas tidak berani memberikan mesin itu kepada petani,” ujarnya.

Selain mesin perontok jagung, Wahyu mengakui, masih ada 1 unit mesin pemanen kombinasi atau combain harvester yang belum diambil oleh kelomopok tani.

Mesin tersebut, kata dia, masih berada di gudang. “Kelompok penerimanya sudah ada yaitu kelompok tani di Desa Tirta Makmur Kecamatan Air Manjunto.

Saya tidak tahu, apa masalahnya mereka belum mengambil bantuan mesin untuk perontok padi ini,” demikian Wahyu. (rel)

__Terbit pada
14 Januari, 2020
__Kategori
Mukomuko