Menuju Desa ODF, Pemdes Sido Luhur Bagikan 90 Kloset

PADANG JAYA RU – Pemdes Sido Luhur, Kecamatan Padang Jaya belum lama ini membagikan kloset untuk warganya. Program kewargaan ini terbilang sepele, namun Pemdes Sido Luhur berupaya agar warganya terbebas dari Buang Air Besar Sembarangan (BABS) yang berimbas tidak baik terhadap kesehatan.

Untuk itu, dalam penyusunan RKPDes tahun lalu, Kades beserta masyarakat bermusyawarah, agar bisa direalisasikan program jambanisasi ini pada tahun 2020 selain program pembangunan lainnya.

Kepala Desa Sido Luhur, Ahmat Hariyanto A.Md mengatakan, program jambanisasi dengan ditandai penyerahan 90 unit kloset dan pipa ini, diperuntukan bagi warga yang belum mempunyai jamban.

“Kami berharap, tahun ini bisa tuntas. Sehingga tidak ada warga yang tidak mempunyai jamban,”jelasnya. Melalui Anggaran Dana Desa, Kades menuturkan, program penanganan pandemi Covid-19 pun berjalan baik. Ini terbukti dengan berhasil disalurkannya BLT DD bagi 108 KK.

“Tidak hanya soal jamban, selama pandemi, anggaran DD yang sebelumnya untuk kegiatan fisik kita alihkan untuk membantu masyarakat terdampak pandemi Covid-19,” tambah kades.

Meski belum sepenuhnya mencukupi, Ahmat berharap, bantuan berupa program dan BLT bisa bermanfaat dan meringankan beban selama adanya Covid-19 melanda di daerah ini.

“Saya menyadari, masih banyak kekurangan untuk berbuat kepada masyarakat, namun, saya berharap dukungan dari masyarakat dalam menyukseskan pembangunan serta memimpin desa ini menjadikan Desa Sido Luhur maju dan sejahtera,” demikian Ahmat. (sir1)

 

__Terbit pada
24 November, 2020
__Kategori
Agropolitan