Masih Banyak Media Tak Terapkan Kaidah EYD

BENGKULU RU – Sejumlah media massa di Provinsi Bengkulu, dalam penulisan atau penyajian pemberitaan belum sepenuhnya menerapkan kaidah ejaan yang disempurnakan (EYD).

Ini terungkap dalam penyuluhan Bahasa Indonesia bagi awak media se-Kota Bengkulu yang diselenggarakan Kantor Bahasa bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Bengkulu, Jum’at (16/10).

Ketua PWI Provinsi Bengkulu, Zacky Antoni, SH, MH mengatakan, memang dalam penulisan karya jurnalistik, tidak bisa disamakan dengan karya tulis lainnya. “Karena umumnya karya jurlanistik itu bahasanya lebih lugas.

Tapi yang namanya kaidah EYD harus diterapkan, dan sepanjang pengataman kita memang ada media yang belum sepenuhnya melakukan itu,” ungkap Zacky.
Makanya, lanjut Zacky, melalui penyuluhan Bahasa Indonesia ini, kedepannya media-media massa yang ada terutama kalangan wartawan wartawannya dapat menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam penulisan karya jurnalistiknya.

“Wartawan itukan sehari-harinya bergelut dengan kata-kata, jadi harus memahami kaidah EYD,” kata Zacky. Bersambung…… (Baca selengkapnya di Koran Harian Radar Utara edisi Sabtu, 17 Oktober 2020)

__Terbit pada
17 Oktober, 2020
__Kategori
News