Maret, BPS Lakukan Sensus Ekonomi 2021

TUBEI RU – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Lebong menyebar sebanyak 42 orang petugas untuk melakukan Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) tahun 2021 selama sebulan atau terhitung tanggal 1 sampai 31 Maret 2021 mendatang. Kepala BPS Kabupaten Lebong, Ir. Sriwiyana Teguh Ananto, M.Si mengungkapkan, 42 orang yang terdiri dari 28 pendata lapangan dan 14 pengawas untuk melakukan Susenas tahun 2021.

Pada pelaksanaan Susenas kali ini para petugas akan menyasar 550 rumah tangga yang tersebar di 54 desa dalam wilayah Lebong.

“Susenas tahun 2021 merupakan kegiatan rutin tahunan untuk mencatat kondisi sosial ekonomi rumah tangga,” ujar Teguh di sela-sela membuka acara Pelatihan Petugas Susenas di Hotel Asri pada Senin (22/2).

Dia menjelaskan, sebelum turun para petugas Susenas ini mengikuti pelatihan. Namun, karena masih dalam suasana Covid-19 dan pertemuan hanya bisa diikuti terbatas. Maka pelatihan digelar dalam 2 (tiga) gelombang selama 3 (tiga) hari efektif, yaitu gelombang pertama pada tanggal 15-17 Februari lalu, dan gelombang kedua pada tanggal 22-24 Februari.

Pelatihan petugas dilaksanakan sesuai protokol kesehatan. Kepada petugas telah dilengkapi dengan masker, handsanitizer. Sebelum turun ke lapangan, setiap petugas wajib mengikuti rapid test untuk menjamin kesehatan petugas terhadap penyakit covid 19.

“Iya survei rutin. Hasilnya, nanti digunakan untuk menghitung angka kemiskinan dan indikator-indikator Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs),” demikian Teguh.

Pantauan dilapangan, acara dibuka langsung Kepala BPS Provinsi Bengkulu yang diwakili Koordinator Fungsional Statistik Sosial, Budi Kurniawan. (oce)