Mantapkan Sinergitas, BPS Sambangi Radar Utara

ARGA MAKMUR RU – Sinergitas profesional dan terukur, terus dijalin antara Badan Pusat Statistik (BPS) dan Radar Utara. Penyerbarluasan informasi soal pencacahan data, terkait sektor-sektor fundamental yang mesti didata BPS, selaku penyedia data periodik untuk basis data rill bagi pemerintah, menfokuskan pada kerja-kerja sosialisasi untuk terus berjalan pada program-program yang akan datang.

Kepala BPS BU, Ir Marwansyah, menyampaikan penyerbarluasan informasi terkait program-program BPS kepada masyarakat yang dilakukan Radar Utara, sudah terbukti dan memberikan kontribusi efektif.

“Memberikan kecepatan dalam penyampaian tujuan program-program dari BPS. Karena itu, sinergitas media dan BPS ini sangat penting,” kata Marwansyah di Graha Pena Radar Utara, Rabu (13/1) kemarin.

Turut disampaikan Marwansyah, pandemi Covid-19 yang masih menghantui sektor-sektor fundamental di masyarakat, daerah, nasional bahkan global, tak disangkalnya memberikan efek negatif dalam kerja-kerja BPS.

Manajemen pencacahan data, lanjut dia, seperti sensus digital yang turut didukung Radar Utara, dinilai Marwan sebagai upaya BPS untuk tetap dapat menyuguhkan keandalan data dan statistik yang tetap terus dilakukan BPS, agar dapat melaksanakan proyeksi pemerintah hingga menyuguhkan data-data yang diolah secara kuantitatif dan kualitatif, agar bisa mendukung langkah-langkah dan terobosan dalam percepatan pembangunan.

“Karena data dan statistik yang dihasilkan dari kerja-kerja profesional dan dengan metode yang baik pula, akan memberikan sebuah gambaran faktual yang bisa mendukung perencanaan pembangunan yang ingin dicapai pemerintah. Inilah salah satu tugas BPS dan turut serta di dalamnya didukung oleh media massa,” ujarnya.

Terpisah, General Manager Radar Utara, Drs H Warsiman, memberikan apresiasi yang tinggi atas sinergitas antara RU dengan BPS selama ini.
Tak hanya melaksanakan fungsinya dalam setiap dinamika lintas sektor, Radar Utara juga terus mengupayakan untuk menjadi kebutuhan dan jawaban atas pertanyaan publik di daerah.

Kerja-kerja dalam melaksanakan fungsi katalisator sosial, lanjut Warsiman, juga terus diupayakan oleh media yang tersebar di hampir seluruh penjuru Provinsi Bengkulu itu.

Turut ditambahkan pengurus Serikat Pekerja Pers (SPS) Provinsi Bengkulu ini, tahun ini medianya itu sudah siap untuk menjadi bagian aktifitas sosial masyarakat, baik itu suguhan laporan berita, rubrik hingga penguatan teknologi informasi yang dalam waktu dekat siap diluncurkan.

Layanan e-paper hingga terus mengadopsi perkembangan teknologi informasi lainnya, bersamaan dengan produksi koran cetak yang juga masih sangat dimininati pembaca, disampaikan Warsiman, kalau langkah-langkah itu merupakan upaya RU untuk tetap bisa menjadi bagian masyarakat, pemerintahan desa hingga pemerintahan daerah serta bagian tak terpisahkan dalam kerja-kerja positif lembaga vertikal di daerah.

“Semoga kedepan, kami akan mampu menjadi bagian dalam hegemoni sosial masyarakat di daerah dan penyampai informasi yang menjunjung tinggi jurnalisme timur, namun tetap mengedepankan profesionalitas, faktual dan aktual,” pungkas wartawan senior ini. (bep)

__Terbit pada
14 Januari, 2021
__Kategori
News