Maksimalkan Proses Belajar di Rumah, Guru MTS TI Home Visit

AIR NAPAL RU – Sejak pandemi virus Corona melanda Indonesia, kurang lebih sejak 4 bulan lalu, mengakibatkan sistem belajar siswa berubah. Dari belajar secara tatap muka di sekolah, menjadi belajar dalam jaringan (daring) atau online.
Sayangnya, sistem pembelajaran ini tak bisa dinikmati oleh sebagian siswa. Khususnya, siswa yang tinggal di pelosok dan juga para siswa yang tidak memiliki fasilitas penunjang, untuk mendapatkan materi secara online.

Menyikapi kondisi tersebut, para dewan guru di sekolah MTS Tarbiyah Islamiyah (TI) Kecamatan Air Napal, melaksanakan home visit atau kunjungan ke rumah siswa. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menangani siswa-siswi yang tidak bisa menjangkau materi pelajaran secara online sekaligus mengevaluasi kegiatan siswa yang belajar secara online.

Salah sorang guru pembimbing, M Arjun Prasetia bersama Mimi Putri Utami, S.Pd kepada RU mengatakan, kegiatan tersebut sudah berlangsung sejak tiga hari lalu, tepatnya pada Senin (3/8/2020). Dimana dalam kegiatan ini, pihaknya melakukan kunjungan ke desa-desa yang warganya sekolah di MTS TI.

“Jadi, kami membuat kelompok belajar di desa. Dimana semua siswa MTS TI kita kumpulkan guna melihat perkembangan belajar siswa selama melakukan kegiatan secara online di rumah,” jelasnya, ketika melakukan kegiatan Home Visit di Desa Tepi Laut, Rabu (05/8/2020), kemarin.

Ditambahkan juga, kegiatan tersebut rencananya akan terus dilaksanakan secara bergiliran dari desa ke desa, melalui teknik belajar kelompok.
“Sebab, ini sudaj menjadi salah satu program dari Kemeentrian Agama dalam rangka memaksimalkan belajar siswa di rumah selama pandemi Covid-19 berlangsung,” jelasnya.

Lebih dari itu, pihaknya juga menegaskan, meski melaksanakan belajar kelompok namun kegiatan tersebut tetap mematuhi protokol kesehatan, di antaranya menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan sebelum dan sesudah belajar.

“Protokol kesehatan adalah hal yang sudah menjadi kewajiban kami untuk terus dilaksanakan. Semua siswa Alhamdulillah, mematuhi hal itu,” tutupnya. (sfa)

__Terbit pada
6 Agustus, 2020
__Kategori
Metropolis