Lima Induk Sapi Berhasil Dicaesar

MUKOMUKO RU – Untuk menyelamatkan induk dan anak sapi. Petugas kesehatan hewan berhasil melaksanakan operasi bedah atau caesar sebanyak lima ekor induk sapi milik warga.

“Tahun ini, kita berhasil melaksanakan caesar terhadap lima ekor induk sapi. Operasi bedah ini kita lakukan untuk menyelamatkan anak dan induk sapi pada saat akan melahirkan. Sebab kalau tidak kita operasi caesar, anak atau induk sapi tidak bisa diselamatkan.

Misalnya, kondisi induk yang tidak mampu melahirkan anaknya secara normal. Dan ada juga kondisi anak sapi yang terlalu besar atau sungsang (Melintang) sehingga tidak bisa lahir secara normal,” kata Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan di Dinas Pertanian Mukomuko, Warsiman, S.Pt, ketika dikonfirmasi kemarin.

Warsiman mengingatkan, pemilik ternak tidak segan memanfaatkan peralatan tersebut jika ternak peliharaan tidak bisa melahirkan secara normal. Ia menjelaskan, seluruh pusat kesehatan hewan (Puskeswan) di Kabupaten Mukomuko telah memiliki peralatan caesar.

Tidak hanya peralatan caesar, namun peralatan untuk menjaga atau mensterilkan peralatan bedah juga sudah lengkap di Puskeswan.

“Semuanya sudah lengkap, termasuk petugasnya. Silahkan kalau masyarakat akan memanfaatkan jasa itu, tinggal menghubungi petugas kesehatan hewan setempat. Jika ada informasi dari pemiik ternak, dipastikan petugas akan langsung turun ke lapangan untuk melaksanakan operasi caesar induk sapi,” jelasnya.

Dengan kelengkapan peralatan caesar sehingga di tahun 2021 mendatang, pihaknya tidak perlu lagi mengajukan anggaran pembelian peralatan caesar ternak.
“Sudah lengkap dan belum perlu ada penambahan.

Lain halnya kalau peralatan sudah rusak atau ada penambahan Puskeswan, baru usulan anggaran pembelian peralatan caesar akan kita ajukan,” pungkasnya. (rel)

__Terbit pada
15 September, 2020
__Kategori
Mukomuko