Layanan KB Serentak, Target 2.000 Akseptor

ARGA MAKMUR RU – Dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27 tahun 2020, BKKBN Provinsi Bengkulu bekerjasama dengan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Bengkulu Utara (BU) akan mengadakan layanan KB serentak.

Di Kabupaten Bengkulu Utara sendiri akan menyiapkan setidaknya 2.000 alat kontrasepsi untuk Akseptor dan pelaksanaan sendiri akan dipusatkan di 21 Puskesmas.

“2.000 Akseptor ini merupakan target minimal yang diberikan oleh pihak provinsi, namun harapan kita bisa melebihi target karena mengingat tingkat kesadaran masyarakat di BU sudah cukup tinggi untuk mengikuti layanan KB ini,” jelas Kepala DPPKB BU, drg Adi Fitridin, M.Kes.

Adapun jenis pelayana KB serentak ini nantinya meliputi Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) yakni IuD, Implan dan Kontap sebanyak 10 aseptor, suntik KB sebanyak 10 aseptor serta alkon pil dan kondom sebanyak 72 aseptor.

Sasaran dari pelayanan ini sendiri adalah Pasangan Usia Subur (PUS), calon aseptor dan pengguna layanan KB dan akan dilaksanakan dari pukul 08.00 WIB sampai 15.00 WIB.

“Semua layanan ini akan kita laksanakan secara serentak dan gratis, namun kami tetap himbau kepada para calon aseptor untuk menerapkan protokoler kesehatan serta wajib memakai masker saat mengikuti pelayanan ini,” tandasnya. (mae)

__Terbit pada
29 Juni, 2020
__Kategori
News