Lahir Bayi Tak Punya Kaki dan Tangan

Baru-baru ini, publik India dihebohkan dengan kelahiran seorang bayi perempuan yang tak memiliki kedua tangan dan kaki. Pasalnya, dokter telah yakin bahwa bayi itu akan lahir dalam keadaan normal ketika masih dalam kandungan atau rahim sang ibu.

Dilansir dari Daily Star, Minggu 28 Juni 2020, para dokter di Madhya Pradesh, India, dikejutan oleh kelahiran bayi perempuan dengan kelainan langka.
Diketahui keluarga bayi perempuan itu berasal dari Desa Sakla, Sironj Tehsil di Vidisha, India. Kondisi langka ini dikenal sebagai kelainan kongenital resesif autosomal atau Tetra-Amelia, yang ditandai dengan kondisi tidak memiliki dua tangan dan kaki.

Sindrom Tetra-Amelia adalah kelainan genetik yang disebabkan oleh mutasi pada gen WNT3 (Wnt Family Member 3) dan hal ini sangat jarang terjadi. Sindrom ini menyerang satu dari 100.000 bayi yang baru lahir.

Dr. Prabhakar Tiwari, seorang dokter anak di Bhopal CMHO (Chief Medical & Health Officer) mengatakan, ini adalah kasus pertama yang pernah dilihatnya. Dalam banyak kasus, paru-paru bayi kurang berkembang sehingga membuat kesulitan bernapas hingga menyebabkan kematian.

Selanjutnya, bayi malang ini akan dibawa guna pemeriksaan lebih lanjut mengenai apakah organ internal masih berkembang secara normal. (net)

__Terbit pada
1 Juli, 2020
__Kategori
News