KPU Mulai Sortir dan Lipat SuSu

TUBEI RU – Proses penyortiran sekaligus pelipatan surat suara (susu) untuk digunakan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 9 Desember 2020 mendatang mulai dilakukan. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebong, melibatkan jasa puluhan warga membantu proses tersebut.

Ketua KPU Lebong, Shalahuddin Al Khidhr, SE mengemukakan, proses pelipatan dan penyortiran surat suara dimulai Sabtu (28/11) kemarin. “Hari ini (kemarin, red) memasuki hari ketiga. Dimana proses tersebut sudah dimulai sejak Sabtu (28/11) kemarin,” kata Divisi Keuangan Umum dan Logistik KPU Lebong, Khidhr, Senin (30/11).

Lanjutnya, proses pelipatan dan penyortiran surat suara itu, melibatkan sekitar 30 orang warga, dengan didampingi beberapa anggota Sekretariat KPU Lebong. Dilibatnya menggunakan jasa para warga itu, guna mempercepat proses penyelesaian pelipatan surat suara tersebut.

“Sekitar 30 orang warga didampingi personel sekretariat KPU Lebong,” bebernya.
Ditambahkannya, surat suara untuk pemilihan Bupati dan wakil Bupati periode lima tahun ke depan itu, mencapai 77.275 lembar. Sesuai dengan daftar pemilih tetap (DPT) Lebong, ditambah 2,5 persen dan 2.000 lembar surat suara cadangan sebagai antisipasi jika terjadi pemungutan suara ulang.

“Kalau proses sortir lipat surat suara pemilihan bupati dan wakil bupati selesai kemarin (29/11). Sekarang, dalam proses pemilihan gubernur dan wakil gubernur,” tambahnya. Para tenaga pelipat ini akan diberi honorarium dengan sistem borongan. Mereka akan mendapat upah 150 per surat suara. “Ada, jasa mereka kita berikan Rp 150 per lembar untuk sortir lipat surat suara,” tandasnya. (oce)

__Terbit pada
1 Desember, 2020
__Kategori
Rejang Lebong