Kepahiang Masih Kekurangan Ratusan Guru

KEPAHIANG RU – Saat ini, Kabupaten Kepahiang masih kekurangan ratusan tenaga pendidik, bahkan Disdikbud Kepahiang mengklaim kekurangan itu sebanyak 400 orang. Ini tentunya harus menjadi catatan penting bagi pemkab Kepahiang, apalagi pada tahun 2021 ini Pemkab kembali merencanakan untuk melaksanakan tes seleksi Calon Pegawai Negri Sipil (CPNS).

“Saat ini, kita masih kekurangan guru atau tenaga pendidik mulai dari tingkat PAUD, SD hingga SMP, sebanyak 400-an orang guru lagi,” sampai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepahiang, Dr. Hartono, M.Pd.

Lanjut Hartono, pihaknya terus mengupayakan dan mencari solusi atas persoalan kekurangan guru ini dengan mengajukan kuota penambahan formasi guru pada seleksi CPNS yang rencananya akan digelar Pemerintah Kabupaten Kepahiang pada 2021 ini.

Selain itu, opsi lain yang diharapkan adalah peluang perekrutan tenaga pengajar dari rekruitmen PPPK yang juga rencananya akan digelar oleh pemerintah pusat pada tahun ini.

“Solusinya sejauh ini ya itu, CPNS atau PPPK. Namun demikian untuk pelaksanaan rekrutmen CPNS dan PPPK, masih dalam proses. Dan kita berharap usulan kita bisa diakomodir dalam proses rekrutmen yang akan dilakukan Pemkab Kepahiang,” (bin)