Kebijakan PPKM, Bantuan Beras Mulai Disalurkan

BENGKULU RU – Bantuan beras untuk masyarakat yang terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM), dalam wilayah Provinsi Bengkulu mulai disalurkan. Terbukti Minggu (18/7) Pemerintah Provinsi (Pemprov) bersama Perusahaan Umum (Perum) Badan Urusan Logistik (Bulog) Kantor Wilayah (Kanwil) Bengkulu mulai mendistribusikan bantuan tersebut ke 10 kabupaten/kota.

Kepala Perum Bulog Kanwil Bengkulu, Roy Rahmadi P menyampaikan, pendistribusian ini sebagai tindaklanjut intruksi Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo yang tentu saja tidak lepas dari kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Bantuan beras ini ditargetkan dapat mengurangi beban pengeluaran KPM melalui pemenuhan sebagian kebutuhan pangan beras selama menghadapi PPKM.

“Pendistribusian ini merupakan upaya penanganan bencana melalui cadangan beras pemerintah (CBP), dimana kita ditugaskan secara langsung untuk menyalurkan bantuan beras kepada KPM sesuai data yang tercatat dalam data Dinas Sosial. Masing-masing KPM nantinya diberikan bantuan sebanyak 10 Kg beras kualitas medium,” ungkap Roy.

Menurutnya, di Provinsi Bengkulu pihaknya menyiapkan beras untuk masyarakat, dan hari ini (kemarin, red) mulai didistribusikan. Diharapkan bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

“Kitapun mengajak masyarakat untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan. Mudah-mudahan pandemi ini dapat segera berakhir,” harap Roy.

Dilanjutkannya, beras bantuan PPKM untuk Provinsi Bengkulu mencapai 1,2 ribu ton, yang nantinya disalurkan kepada 122 ribu lebih keluarga penerima manfaat (KPM). Penerima manfaat program bantuan beras PPKM ini terdiri dari penerima Program Keluarga Harapan sebanyak 77.747 KPM dan penerima program Bantuan Sosial Tunai (BST) sebanyak 44.891 KPM.

“Total KPM yang menerima bantuan beras tersebut dengan rincian di Kabupaten Bengkulu utara sebanyak 25.203 KPM, Bengkulu Selatan 11.569 KPM, Bengkulu Tengah 8.019 KPM, Seluma 13.455 KPM, Kaur 10.279 KPM, Mukomuko 10.981 KPM, Rejang Lebong 16.979 KPM, Kepahiang 6.965 KPM, Lebong 5.515 KPM, dan Kota Bengkulu 13.681 KPM,” terangnya.

Sementara, Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rohidin Mersyah usai meminta agar Bulog memastikan penyaluran beras itu nantinya benar-benar diterima masyarakat yang berhak menerima, tentunya sebagaimana data Dinsos.

“Kita berharap jajaran aparat penegak hukum termasuk TNI dan Polri ikut mengawasi penyalurannya. Diluar itu, kita juga bakal menyalurkan bantuan sosial yang melibat perusahaan dan Baznas. Kemudian juga dukungan bagi UMKM dengan memanfaatkan kredit ultra mikro,” ujar Rohidin.

Dibagian lain, Kapolda Bengkulu, Irjen Pol. Guntur Setyanto bakal mendukung penuh pendistribusian bantuan beras PPKM yang disalurkan di seluruh daerah di Provinsi Bengkulu.

“Kita pantau dan juga lakukan pengawalan dalam penyaluran bantuan beras, sehingga tepat sasaran dan dapat dirasakan benar manfaatnya bagi masyarakat,” singkat Guntur. (tux)