Jembrana, Jangan Membeli Ternak dari Daerah Luar

PUTRI HIJAU RU – Kepala Puskeswan Putri Hijau, Eri Zull, S.Pt mengimbau, sementara waktu, seluruh pedagang atau peternak di lingkungan wilayah kerjanya baik di Kecamatan Putri Hijau maupun Marga Sakti Sebelat (MSS) agar tidak membeli ternak dari luar daerah. Ini disampaikan Eri, sebagai upaya antipasi penularan virus Jembrana di daerah kabupaten tetangga.

Diakui Eri, dua pekan terakhir, beberapa ternak dari kabupaten tetangga masuk ke wilayah kerjanya melalui pedagang dan masuk di Kecamatan Putri Hijau serta MSS. Dari masuknya ternak itu, sempat terjadi kasus penularan virus jembrana di lingkungan ternak yang dibeli oleh masyarakat.

Eri beserta jajarannya langsung bergerak cepat untuk mengantisipasi penularan virus jembrana semakin meluas dengan melakukan tindakan terhadap ternak yang dalam kondisi sakit (tertular) dengan menyemprotkan cairan disinfektan hingga pengasapan kepada kandang ternak milik masyarakat di sekitar wilayah yang terdapat kasus.

Selain itu, lanjut Eri, kepada ternak yang sedang sakit langsung dilakukan pengobatan dan pemantauan. Dan sampai hari ini, dipastikan Eri, kasus yang sempat terjadi berhasil dikendalikan hingga tidak ditemukan adanya kasus baru di wilayah kerjanya.

“Karena penularan virus jembrana ini sangat cepat dan cenderung menyerang sapi jenis Bali,” imbau Eri.(sig)

__Terbit pada
14 Oktober, 2020
__Kategori
Ketrina