Jembatan Rusak, Sering “Makan” Korban

PADANG JAYA RU – Jembatan gantung di Dusun 3 Desa Lubuk Banyau, Kecamatan Padang Jaya, memakan korban. Tercatat, sudah 4 orang warga yang mengalami luka-luka hingga terpaksa dilarikan ke rumah sakit.

Warga tersebut terjatuh saat ingin melintasi jembatan tersebut, bahkan nyaris terjun ke sungai. Kepala Desa (Kades) Lubuk Banyau, Haji Mukti Ali dikonfirmasi Radar Utara tak menampik jika jembatan tersebut kerap memakan korban. Maklum saja, diakui Haji, kondisi jembatan itu sudah sangat menghawatirkan.

“Terakhir kepala suku adat desa ini yang jadi korban. Hampir sepekan lamanya, ia tak dapat beraktifitas usai terjatuh dari sepeda motor saat melintasi jembatan itu,” akunya. Haji menjelaskan, selain lantai berupa papan yang sudah lapuk dimakan usia. Besi pondasi di sisi jembatan yang dibangun Tahun 2015 lalu, juga sangat menghawatirkan.

“Besi seling sudah banyak lepas. Kalau tidak hati-hati, bakal celaka. Apalagi lantai jembatannya sudah banyak lapuk,” ujarnya. Ia menambahkan, pihaknya sudah melayangkan proposal usulan ke OPD terkait di daerah agar dapat diperbaiki. Pihaknya pun ingin mengalokasikan melalui dana desa.

Namun hal itu tak dapat dilakukan, lantaran terbentur status administrasi wilayah.
“Namun proposal yang telah kami sampaikan, belum mendapatkan jawaban. Ya harapan kami dapat dialokasikan tahun depan. Karena memang kondisinya sudah sangat menghawatirkan,” pintanya. (jho)

__Terbit pada
21 November, 2020
__Kategori
Agropolitan