Jembatan Putus, Desa Pondok Batu Terisolir


MUKOMUKO RU – Jembatan beton penghubung Pasar Mukomuko – Desa Pondok Batu, Kecamatan Kota Mukomuko putus. Peristiwa itu terjadi, Selasa (18/5) sekitar pukul 20.00 WIB malam. Akibatnya, warga Desa Pondok Batu kehilangan akses transportasi utama untuk keluar dari desa ini.

Disampaikan Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mukomuko, Juni Kurniadiana, S.IP, putusnya jembatan ini lantaran tanah penopang pondasi jembatan tergerus derasnya air sungai.

“Aktivitas masyarakat Desa Pondok Batu pasca jembatan penghubung putus, saat ini benar-benar lumpuh. Sebab jembatan tersebut tidak bisa dilalui oleh kendaraan, kecuali kendaraan roda dua dan pejalan kaki. Kalau kendaraan roda empat, tidak bisa,” ungkapnya.

Sementara, jalan alternatif lainnya, kata Juni, hanya ada satu yaitu melalui jalan menuju ke Desa Manjunto Jaya SP3 dengan jarak tempuh lebih dari 20 Kilometer menuju ke Kota Mukomuko. Hanya saja, Ia meyakini, untuk saat ini jalan menuju ke Desa Manjunto Jaya tidak bisa dilalui kendaraan karena terendam banjir.



“Pak Bupati, BPBD, PU Kabupaten dan Provinsi sudah turun ke lokasi meninjau kondisi jembatan. Saat ini hanya ada satu cara yaitu membuat jembatan bailley untuk mengurai keterisoliran masyarakat Desa Pondok Batu. Dan saat ini Pemkab hanya tinggal menunggu keputusan dari PU Provinsi,” demikian Juni. (rel)