Jadwal Pendaftaran CPNS Diperpanjang

ARGA MAKMUR RU – Jika sebelumnya, sesuai time line pendaftaran penerimaan CPNS akan dituntaskan pada 21 Juli 2021. Kini berubah menjadi 26 Juli 2021 (lengkap lihat grafis,red). Kebijakan ini muncul dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui suratnya Nomor : 6201/B-KS.04.01/SD/K/2021 yang dibuat kemarin.

Kepala BKP-SDM Bengkulu Utara (BU), Drs H Setyo Budi Raharjo, MM, saat dikonfirmasi adanya perubahan untuk jadwal akhir pendaftaran membenarkan hal ini. Penegasan ini pun memberikan angin segar, bagi mereka yang belum mampu submit atau melakukan pendaftaran hingga tuntas. Baru di tahapan pembentukan akun saja. Kalau membaca rilis resmi kondisi pendaftaran dari panselda. Kemarin, setidaknya masih ada 573 pendaftar, yang belum submit.

“Betul. Ada regulasi lagi. Terbit hari ini. Jadwal pendaftaran diperpanjang,” kata Setyo, kemarin.



Di hari yang pula. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi via Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), turut menegas aturan teknis anyar, tepatnya tentang Penyesuaian Aplikasi Pendaftaran Terkait Penentuan Peserta Seleksi Kompetensi Guru ASN-PPPK 2021. Surat tindaklanjut dari KemenPANRB Nomor B/1075/S.SM.01.00/2021 tentang Ketentuan Peserta Seleksi Kompetensi I pada Pengadaan PPPK untuk JF Guru Tahun 2021. Mempertimbangkan Daftar Pokok Pendidik (Dapodik) Kemendikbudristek terkait penugasan guru pada Satuan Administrasi Pangkal serta jenis jabatannya, turut disampai 3 hal yang akan menjadi rujukan dalam proses di tahapan Seleksi Kompetensi Pertama.

1. Terdapat penyesuaian aplikasi pendaftaran seleksi Guru ASN-PPPK Tahun 2021 terkait penentuan individu peserta yang dapat mengikuti seleksi kompetensi pertama, berupa tombol reset pendaftaran, yang ditujukan bagi:

a. Guru dengan penugasan di sekolah induk yang terdapat formasi dan seharusnya dapat melamar ke formasi tersebut, namun formasinya tidak dapat dipilih dikarenakan kuota formasi yang terkunci, sehingga terpaksa melamar ke formasi di sekolah lain;

b. Guru dengan penugasan di sekolah induk yang tidak terdapat formasi dan seharusnya dapat melamar ke sekolah lain yang masih memiliki sisa kuota formasi, namun formasinya tidak dapat dipilih dikarenakan kuota formasi yang terkunci;

c. Guru dengan penugasan di sekolah induk yang tidak terdapat formasi dan sudah mendaftar ke sekolah lain yang tidak memiliki sisa kuota formasi, dikarenakan prioritas bagi guru yang bertugas di sekolah lain tersebut.

2. Fasilitas penyesuaian pada aplikasi pendaftaran tersebut hanya dapat dipergunakan satu kali. Mohon dipergunakan dengan seksama/teliti untuk dapat menyesuaikan lamaran ke formasi sekolah induk/tempat bertugas atau sekolah lain dalam wilayah instansi kewenangan yang sama. Setelah mempergunakan fasilitas tersebut, harap dapat dipastikan kembali kondisi final resume sebelum batas akhir waktu pendaftaran.

3. Bagi Guru yang sudah menetapkan pilihan formasi dan tidak terkendala oleh formasi yang terkunci baik di sekolah induk/tempat tugas maupun di sekolah lain dalam satu wilayah instansi kewenangan yang sama, fasilitas penyesuaian dalam aplikasi pendaftaran seleksi Guru ASN-PPPK Tahun 2021 dapat diabaikan.

“Penjelasan lebih lanjut dapat menghubungi layanan bantuan seleksi Guru ASN-PPPK pada alamat https://gurupppk.kemdikbud.go.id/contact,” tegas Dirjen GTK Ihwan Syahril yang disadur dari surat Pengumuman Nomor: 4188/B/GT.00.06/2021 tanggal 19 Juli 2021.

Tak hanya itu, Setyo mengharapkan, regulasi-regulasi teknis itu terus diikuti oleh pendaftar dan calon pendaftar, sembari memcermati tenggat waktu dalam tahapan-tahapan teknis pengadaan pegawai di tahun ini.

“Berkas masuk samapi hari ini berjumlah 478 berkas,” tandasnya. (**)