Hanya Satu GBD, SDN 178 BU Mengandalkan Guru Honor

  • Ada Orangtua Belum Kebagian Quota Internet

ULOK KUPAI RU – Perjuangan Pemkab BU untuk mewujudkan pemerataan tenaga pendidik di seluruh sekolah hingga ke pelosok desa khususnya tingkat SD dan SMP, perlu dievaluasi.

Faktanya, masih ada sekolah yang belum mendapatkan kesempatan untuk menerima pendistribusian tenaga pendidikan yang sejak beberapa tahun terakhir, direkrut melalui jalur Guru Bantu Daerah (GBD).

Seperti halnya dialami oleh SDN 178 Bengkulu Utara yang terletak di Desa Pagardin Kecamatan Ulok Kupai.  Dari data dan informasi yang dikumpulkan media ini di lapangan.

Sekolah yang terletak di salahsatu desa yang jauh dari pantauan publik itu, memiliki setidaknya 7 ruang atau Rombongan Belajar (Rombel,red) dengan total murid hampir mencapai 200 siswa/i.

Termasuk di dalamnya seorang kepala sekolah, SDN 178 BU hanya memiliki total 4 guru berstatus ASN dan 1 orang guru berstatus GBD.

Untuk menjalankan aktivitas belajar mengajar, pihak sekolah mengambil kebijakan dengan memberdayakan 4 orang guru berstatus tenaga honor sekolah.

“Ya, begitulah kondisi di sekolah kami mas. Kami terbuka saja,” ujar Kepala SDN 178 BU, Sudarsono, S.Pd, saat dibincangi RU, beberapa waktu lalu. Bersambung………. (Baca selengkapnya di Surat Kabar Harian Radar Utara, edisi Rabu, 27 Januari 2021)

Untuk berlangganan E-Paper Radar Utara, silakan download aplikasi E-Paper Radar Utara melalui LINK INI