Gelar Musrenbangdes, Talang Liak II Usul 3 Item Fisik

BINGIN KUNING RU – Pemerintah Desa (Pemdes) Talang Liak II, Kecamatan Bingin Kuning, Kabupaten Lebong, Rabu (13/1) kemarin, menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) tahun anggaran (TA) 2021. Hasilnya, 3 item pembangunan fisik menjadi usulan prioritas warga desa ini.

MUSRENBANGDES Talang Liak II yang digelar Rabu (13/1), kemarin menghasilkan beberapa usulan prioritas pembangunan.

Pantauan Radar Utara, kegiatan yang dihadiri Camat Bingin Kuning, Ir. Eva Gustiantina bersama Kapolsek Lebong Selatan, L. Naibaho, SH dan Babinsa. Juga disaksikan jajaran Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPD), Pendamping Desa (PD), Pendamping Lokal Desa (PLD) dan undangan, di Balai Desa talang Liak II ini berjalan lancar dan sukses.

Dari hasil musrenbangdes tertuang tiga item pembangunan fisik dan bantuan penanggulangan bencana Covid-19 bersumber dari anggaran Dana Desa (DD) yang menjadi usulan prioritas masyarakat. Bidang pemberdayaan tertuang lima item kegiatan yang bersumber dari anggaran Alokasi Dana Desa (ADD).

Pejabat sementara (Pjs) Kepala Desa (Kades) Talang Liak II, Deswen Tanjung mengatakan, pelaksanaan musrenbangdes dalam pengusulan item pembangunan tahun 2021 berjalan lancar.

“Alhamdulillah musrenbangdes hari ini berjalan lancar dan sukses,” kata Kades, Rabu (13/1) kemarin.

Dia menambahkan, untuk usulan pembanguanan fisik yang bersumber dari DD telah tertuang tiga item yakni, pembangunan jalan, drainase/siring, dan JUT serta penanggulangan bencana Covid-19 yakni, bantuan langsung tunai (BLT).

Sedangkan untuk di bidang pemberdayaan desa melalui angaran ADD 2021 ini di antaranya, pembinaan/pelatihan satgas dan linmas, pernyataan modal BUMDES dan pelatihan BUMdes, pelatihan kader KPM dan KTD, peningkatan kapistas kepala desa dan perangkat desa dan BPD, pemberian makanan tambahan Posyandu lansia dan balita, insentif kader Posyandu dan KPM dan pemberdayan kelompok perempuan/PKK.

“Kita berharap usulan item pembangunan yang diusulkan bersama masyarakat ini dapat direalisasikan. Kemudian, kita juga berharap dukungan penuh dari BPD, dan seluruh lapisan masyarakat agar realisasi usulan prioritas nantinya bisa berjalan seperti yang diharapkan,” harapnya.

Sementara itu, Camat Bingin Kuning, Camat Bingin Kuning, Ir. Eva Gustiantina menyampaikan, usulan untuk tahun 2021 sudah tercover semua baik fisik maupun pemberdayaan sudah masuk dalam hasil musrenbangdes.

“Alhamdulillah pelaksanaan musrenbangdes hari berjalan lancar, dan sulan prioritas masyarakat sudah tercover semua baik pembangunan fisik maupun pemberdayan,” singkat Camat. (oce)

__Terbit pada
14 Januari, 2021
__Kategori
Rejang Lebong