Gawat!! Konfirmasi Positif Covid-19 Terus Bertambah

  • Di BU Bertambah 5 Kasus

BENGKULU RU – Konfirmasi positif Corona Virus Disease (Covid-19) di Provinsi Bengkulu pada Jum’at (23/10) kemarin bertambah lagi 33 kasus. Dengan penambahan itu hingga saat ini total konfirmasi positif Covid-19 di Provinsi Bengkulu sebanyak 961 kasus. Demikian disampaikan Kadinkes Provinsi Bengkulu, H. Herwan Antoni, SKM, M.Kes.

“Penambahan 33 kasus pada hari ini (kemarin, red) diantaranya 5 kasus dari Kabupaten Bengkulu Utara, 12 kasus Kota Bengkulu, 13 kasus Kabupaten Rejang Lebong, 1 kasus Kabupaten Mukomuko, dan 2 kasus dari Bengkulu Tengah,” ungkap Herwan dalam perkembangan data kasus Covid-19 di Provinsi Bengkulu.

Menurutnya, 33 kasus positif pada hari ini didominasi perempuan. Bahkan 5 diantaranya masih balita dan juga anak-anak, yang memiliki riwayat kontak dengan kasus sebelumnya. “Kemudian juga ada yang belum diketahui riwayat kontaknya. Mayoritas yang dinyatakan positif itu, melakukan isolasi mandiri,” ujarnya.

Ia menambahkan, sejauh ini sudah 9.427 sampel yang keluar hasilnya, dan 961 sampel diantaranya terkonfimasi positif Covid-19. Terus bertambahnya kasus positif ini, artinnya sosialiasi disiplin protokol kesehatan harus terus digencarkan. Karena kedisiplinan itu merupakan salah satu upaya memutus rantai penyebaran Covid-19.

“Untuk yang dinyatakan sembuh dari Covid-19, pada hari ini juga bertambah 13 orang. Diantaranya 7 orang dari Kota Bengkulu, 4 orang dari Kabupaten Mukomuko, dan 2 orang lagi dari Kabupaten Bengkulu Tengah. Sampai dengan saat ini total jumlah kasus yang sembuh sebanyak 712 orang,” singkatnya.

Sementara berdasarkan data Satgas Covid-19 Kabupaten Bengkulu Utara (BU) terdapat penambahan kasus baru untuk pasien terkonfirmasi positif Covid-19, yang berjumlah 5 orang pasien diantaranya, Pasien dengan nomor 25 berjenis kelamin Laki-laki usia 38 tahun, memiliki keluhan demam dan sakit tenggorokan, saat ini tengah menjalani isolasi mandiri.

Pasien nomor 26 berjenis kelamin perempuan usia 52 tahun memiliki keluhan demam, sakit tenggorokan, mual, nyeri dan diare, saat ini menjalani perawatan di RSUD Arga Makmur.

Untuk pasien nomor 27 berjenis kelamin perempuan usia 33 tahun, mempunyai keluhan demam, sakit tenggorokan, mual, nyeri dan diare, saat ini dirawat di RSUD Arga Makmur, dimana ketiga pasien ini belum memiliki riwayat kontak erat kasus Covid-19.

Selanjutnya untuk pasien nomor 28 berjenis kelamin perempuan, usia 26 tahun, tidak memiliki keluhan dan saat ini menjalani isolasi mandiri, pasien sendiri memiliki riwayat kontak dengan pasien Covid-19.

Terakhir pasien nomor 29 berjenis kelamin perempuan usia 27 tahun, juga tidak memiliki keluhan dan saat ini menjalani karantina mandiri dan memiliki riwayat kontak dengan pasien Covid-19.

“Berdasarkan laporan dari pihak provinsi, sampai saat ini kita memiliki penambahan kasus terkonfirmasi positif sebanyak 5 orang,” jelas Jubir Covid-19 BU, Samsul Maarif, SKM, M.Kes.

Ditegaskannya, Tim Satgas Covid-19 BU akan secepatnya melakukan tracing dan juga mengambil langkah untuk dilakukannya tes Swab maupun rapid tes terhadap warga yang mempunyai dugaan kontak erat dengan pasien.

“Secepatnya nanti tim akan turun ke lapangan dan melakukan tracing sembari melakukan rapid tes maupun tes swab,” tandasnya. (tux/mae)

__Terbit pada
24 Oktober, 2020
__Kategori
News