Fokus BLT Dana Desa

ARGA MAKMUR RU – Bersamaan dengan belum seluruhnya desa merealisasikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari dana desa, nyatanya untuk pencairan dana desa tahap pertama di Bengkulu Utara (BU), sudah melakukan pencairan dana desanya tahap pertama dengan persentase 40 persen. Hanya saja, akibat beberapa kali perubahan aturan level pusat, upaya menjaga daya beli di masyarakat itu terjadi perbedaan.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) BU, H Fitriansyah, S.STP, MM, mengatakan secara umum pendistribusian DD tahap pertama sudah sesuai dengan regulasi yang ada. Khusus untuk BLT dari DD, kata dia, ada beberapa perbedaan dalam pelaksanaannya, dalam hal ini ini terkait dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) 40/2020 yang disusul lagi dengan PMK 50/2020 dengan adanya perubahan skema. Hanya saja, kata Fitriansyah, secara umum realisasinya sudah seturut dengan instruksi pemerintah.

“Untuk DD tahap pertama, sudah salur seluruhnya ke rekening desa,” ujarnya, kemarin.

Untuk realisasi BLT DD, lanjut dia, tahap kedua untuk bulan pertama, setidaknya 171 desa di daerah anggarannya sudah disalurkan pemerintah via KPPN Bengkulu ke rekening desa.

“Berdasarkan PMK 50/2020, pemerintah memberikan kemudahan persyaratan untuk desa mencairkan DD tahap kedua. Ini terkait dengan fokus dalam menjaga daya beli di masyarakat,” pungkasnya. (bep)

__Terbit pada
6 Juni, 2020
__Kategori
News