Eselon III dan IV Pemkab Lebong Dihapus

TUBEI RU – Dalam penyederhanaan birokrasi pada jabatan administrasi di lingkungan pemerintah daerah provinsi dan kabupaten. Jabatan eselon III dan IV Pemkab Lebong telah dinyatakan dihapus, bahkan lebih kurang sebanyak 640 jabatan yang terdampak terhadap penyederhanaan ini.

Kepala Bagian (Kabag) Organisasi dan Tata Laksana (Ortala) Setdakab Lebong, Elsivera, SP, MM membenarkan hal tersebut. Bahkan, kata dia, penyederhanaan ini berdampak ke setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Lebong.

“Untuk total yang disederhanakan yaitu eselon III itu ada 133 jabatan. Kemudian pengawas atau eselon IV sebanyak 507 jabatan yang ada di Kabupaten Lebong. Jadi bisa dipastikan seluruh OPD terdampak,” katanya.

Dijelaskannya, meski terdapat penyederhanaan, namun dapat dipastikan hal ini tidak berlaku untuk jabatan Sekretaris dan beberapa Kepala Bagian Sekretariat Daerah (Setda) Lebong.

“Camat juga tidak terdampak, kemudian kepala kantor saat ini juga masih bertahan tidak dilakukan penyederhanaan, kemudian di Eselon IV yang masih bertahan itu Kasubag Umum di seluruh OPD, Kasi Kecamatan dan Kepala UPTD. Selain dari itu dilakukan penyederhanaan dalam jabatan fungsional sesuai dengan tupoksi masing-masing,” terangnya.

Kata dia, tahapan saat ini untuk pelantikan ke jabatan fungsional atau pelantikan mutasi, hingga saat ini belum dilakukan. Terlebih jumlah ASN tersebut saat ini sudah terdata di Kemenpan-RB.

“Jadi semuanya nanti akan dilantik ulang untuk masuk ke jabatan fungsional atau pelantikan mutasi. Memang ada kekhusuan tanpa ada sertifikat bisa langsung masuk ke jabatan fungsional, tentu ini ketetapan level yang sudah disesuaikan oleh Menpan. Pastinya tahapan kita dari Kabupaten Lebong tahun ini sudah tuntas,” demikian Elsivera. (oce)