Dusun Curup Diminta Segera Setorkan Pajak dan Silpa

AIR BESI RU – Monitoring dan evaluasi (monev) penggunaan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa (DD/ADD) tahun anggaran 2020, mulai dilaksanakan Tripika Air Besi. Kegiatan perdana, yang dilaksanakan pada Senin (18/1/2021) kemarin itu, menyasar di Desa Dusun Curup.

Tim monitoring melakukan pengecekan langsung realisasi dan laporan kegiatan desa, dalam rangka percepatan penyusunan LPPDes.
Sekcam Air Besi, Dairmansyah, S.IP mengatakan, secara umum laporan kegiatan dan realisasi DD dan ADD Dusun Curup memang sudah rampung.

Hanya saja, pihaknya menemukan adanya dua item kewajiban yang belum dilaksanakan. Diantaranya, dana pajak serta Silpa, senilai kurang lebih Rp 40 juta belum disetorkan.

“Keterangan desa uangnya sudah ada dan tinggal menyetorkan saja. Rinciannya kurang lebih Rp 20 juta dana pajak DD dan Rp 20 juta Silpa,” jelasnya.

Dengan kondisi itu, pihaknya pun mendesak agar uang itu segera disetorkan. Sebab, jika belum disetorkan maka, LPPDes belum bisa disampaikan ke daerah.

“Kami akan tunggu LPPDesnya sampai akhir bulan Januari 2021 ini. Maka, dana pajak dan Silpa harus disetorkan lebih dulu,” tandasnya. (sfa)