Dua Kelompok Dibantu Sapras Pengembangan Lele

MUKOMUKO RU – Sebanyak dua kelompok percontohan budidaya perikanan air tawar yang ada di Kabupaten Mukomuko, mendapatkan bantuan sarana dan prasarana (Sapras) pengembangan ikan lele dari pemerintah. Seluruh pengadaan itu dibeli dari dana alokasi khusus (DAK) tahun 2020.

Diantaranya kolam bundar lengkap dengan peralatan, benih sebanyak 7 ribu ekor, dan pakan sebanyak 4 ton. “Masing – masing kelompok mendapatkan benih 3,5 ribu ekor dan pakan 2 ton, serta kolan lengkap dengan peralatannya.

Dua kelompok itu yaitu, Mawargo di Desa Tirta Makmur Kecamatan Air Manjunto dan kelompok Al Fatah di Kelurahan Koto Jaya Kecamatan Kota Mukomuko,” ungkap Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko, Eddy Aprianto, SP, M.Si, melalui Kabid Budidaya Perikanan, Asbaz Novyan, S.Pi, MM, ketika dikonfirmasi kemarin.

Sebanyak dua kelompok yang mendapatkan bantuan sapras budidaya dari pemerintah, yaitu kelompok percontohan budidaya ikan lele yang sudah digeluti selama ini. Bahkan, kata Asbaz, di tahun 2021 mendatang masih ada satu kelompok lagi yang bakal mendapatkan bantuan yang sama.

Tetapi, bantuan sapras percontohan pengembangan budidaya ikan lele bukan dari DAK, tetapi dana alokasi umum (DAU). “Benar, kita usulkan anggaran sebesar Rp 200 juta di APBD tahun 2021 untuk satu kelompok di Kelurahan Koto Jaya.

Mudah – mudahan saja dengan banyaknya kelompok percontohan pengembangan budidaya ikan air tawar didaerah ini, mampu mengedukasi masyarakat untuk mengembangkan budidaya ikan. Selain bisa untuk konsumsi pribadi, juga bisa dijual untuk menambah pendapatan,” pungkasnya. (rel)

__Terbit pada
19 November, 2020
__Kategori
Mukomuko