DLH Dituding Lambat Angkut Sampah

MUKOMUKO RU – Sudah yang kesekian kali masyarakat mengeluh akibat lambatnya petugas kebersihan di Dinas Lingkungan Hidup (LH) Mukomuko, mengangkut sampah di tempat penampungan sampah sementara dalam wilayah ini.
Misalnya, sampah milik masyarakat di lingkungan lapangan Ratok Denai Kelurahan Bandaratu Kecamatan Kota Mukomuko.

Sampah berbagai macam jenis, dan mengeluarkan bau busuk tersebut, lebih dari sepekan tidak diangkut. Akibatnya, tidak hanya menimbulkan banyaknya lalat, namun berbagai macam penyakit juga mengancam warga sekitar.

“Ini sangat miris. Di tengah Kota Mukomuko, masih banyak kita temukan sampah menumpuk dan berserak kemana-mana. Kami yang berdomisili di lingkungan tempat penampungan sampah sementara, sangat mengeluh sekali. Tidak hanya bau busuk, tetapi lalat dan nyamuk mulai banyak masuk ke rumah kami,” keluh Weri, warga setempat.

Menanggapi keluhan itu, koordinator petugas kebersihan Dinas LH Kabupaten Mukomuko, Haryadi, tidak menampik ada sedikit keterlambatan saat mengangkut sampah di tempat penampungan sementara. Kata dia, kendala itu bukan hanya keterbatasan jumlah armada, tetapi juga tenaga kebersihan juga terbatas.

“Tetapi, untuk sampah masyarakat yang ada di Kota Mukomuko, seluruhnya sudah kami angkut. Dan kami juga sangat harapkan kepada masyarakat supaya dapat membuang sampah pada tempat yang disediakan. Karena, sampai saat ini masih banyak kita temukan sampah dibuang di luar tempat,” keluhnya. (rel)

__Terbit pada
21 November, 2020
__Kategori
Mukomuko